Soal Tukar Guling Aset Negara, Ciputra Masih Wait and See

Kompas.com - 11/08/2019, 12:00 WIB
Kantor Kementerian PerhubunganTribun Jakarta/Suci Febriastuti Kantor Kementerian Perhubungan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana menukar guling sejumlah aset atau barang milik negara (BMN) yang tersebar di sejumlah lokasi, untuk menambah dana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan.

Menurut Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, aset yang hendak ditukar meliputi gedung pemerintahan yang berada di pusat Jakarta, seperti kawasan Medan Merdeka, Thamrin, Sudirman, Kuningan dan SCBD.

"Kalau bisa ditukar guling ya bisa menjadi pemasukan langsung," kata Bambang di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (6/8/2019) lalu.

Seluruh aset BMN itu ditaksir memiliki nilai lebih dari Rp 150 triliun. Sementara kebutuhan dana relokasi sekaligus membangun ibu kota baru lebih kurang Rp 466 triliun.

Terkait hal ini, PT Ciputra Development Tbk masih menunggu dan melihat situasi yang lebih jelas, dan kondusif. Terlebih, saat ini bisnis properti sedang lesu.

Baca juga: Bisakah Barang Milik Negara Ditukar Guling? Ini Jawabannya...

"Kita masih wait and see," ucap Direktur PT Ciputra Development Tbk Tulus Santoso kepada Kompas.com, Sabtu (10/8/2019).

Menurut Tulus, di antara beberapa opsi yang ditawarkan pemerintah terkait tukar guling BMN yang paling memungkinkan adalah skema Built Operate and Transfer (BOT).

"Biasanya aset negara itu (paling banter) di-BOT-kan," sebut dia.

Selain BOT, skema lain dari tukar guling yang ditawarkan adalah pertama, dengan menyewakan gedung perkantoran kepada pihak kedua dengan tarif sesuai dengan kontrak yang ada.

Kedua, kerja sama pembentukan perusahaan yang didirikan oleh dua atau lebih entitas bisnis dalam rangka penyelenggaraan bisnis pada jangka waktu tertentu (joint venture).

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X