UMKM Berkontribusi Menghidupkan Kawasan Industri

Kompas.com - 11/08/2019, 11:00 WIB
Setyono Djuandi Darmono, tokoh pendiri dan chairman PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. Kompas.com/Josephus PrimusSetyono Djuandi Darmono, tokoh pendiri dan chairman PT Kawasan Industri Jababeka Tbk.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sinergi usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM) dengan pengembang besar, berkontribusi dalam mengentaskan masalah pengangguran sekaligus menghidupkan kawasan industri.

Presiden Direktur PT Jababeka Tbk Setyono Djuandi Darmono mengungkapkan pandangannya tentang pemberdayaan UMKM dengan kehadiran kawasan industri sebagai penopang utama basis ekonomi di koridor timur Jakarta, terutama Bekasi, Karawang, dan Purwakarta.

“Upaya memasukkan UMKM ke dalam kawasan industri merupakan tantangan baru guna menciptakan lapangan kerja," kata Darmono dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Sabtu (10/8/2019).

Mengapa UMKM? Sektor ini dinilai memiliki daya tahan yang kuat. Saat krisis multidimensi 1997-1998, banyak perusahaan raksasa justru gulung tikar, sebaliknya UMKM justru mampu bertahan.

Baca juga: Peringkat Jababeka dalam Pengawasan Negatif

Kemandirian mereka dan upaya untuk terus bertahan dengan daya juang luar biasa ini  kemudian menarik pemerintah dan perbankan untuk memberikan kredit usaha mikro.

Menurut Darmono, UMKM pun tumbuh menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi yang menyerap banyak tenaga kerja dengan kontribusi 56 persen dari PDB.

Artinya, penguatan UMKM akan meningkatkan pendapatan, kesejahteraan dan membuka peluang banyak lapangan pekerjaan.

Namun kesulitan UMKM untuk berkembang menjadi lebih besar adalah belum mempunyai kemampuan menjalin kemitraan dan jaringan dengan para pengusaha besar.

Oleh karena itu, pada 2001 Jababeka dan Badan Pengembangan Sumberdaya Koperasi dan Pengusaha Kecil Menengah (BPS-KPKM) memfasilitasi kemitraan pengusaha besar dan UMKM.

Lewat kerja sama ini, Jababeka menyediakan 50 unit tempat usaha bagi pengusaha menengah yang berorientasi ekspor.

Baca juga: Meski Potensial Default, Jababeka Jamin Progres Proyek Tak Terganggu

"Kami mendorong peran UMKM di kawasan industri melalui berbagai upaya," cetus Darmono.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X