Serunya Persaingan Sesama Pengembang Rumah Subsidi

Kompas.com - 02/08/2019, 14:03 WIB
Rumah sudut yang dipasarkan Royal Tajur Surya di pameran IPEX 2019 ini berdesain upslope dan split level atau desain rumah yang menyesuaikan kontur tanah. Dok Royal TajurRumah sudut yang dipasarkan Royal Tajur Surya di pameran IPEX 2019 ini berdesain upslope dan split level atau desain rumah yang menyesuaikan kontur tanah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompetisi tak hanya terjadi di bidang olahraga, juga sektor lain, termasuk bisnis dan industri properti.

Khusus properti rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan subsidi dengan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), persaingan yang terjadi ternyata demikian ketat.

Kompas.com menemukan sengitnya rivalitas tersebut saat mengunjungi pameran Indonesia Properti expo (IPEX) 2019 di JCC Senayan, Jakarta, pada Kamis (1/8/2019).

Para pengembang berlomba menawarkan beragam promosi menarik dengan gimmick aduhai. Mulai dari uang muka atau down payment (DP) 0 Rupiah, cicilan murah, diskon harga jual, hingga peralatan dan perlengkapan rumah tangga disediakan.

Tak hanya itu, setiap pengembang membekali para tenaga penjualnya dengan brosur menarik, serta seragam tak kalah atraktif.

Bahkan, beberapa yang kami temui, memiliki skill komunikasi yang cukup baik dan penguasaan produk secara komprehensif.

Baca juga: Milenial, Gaji Rp 4 Juta Bisa Beli Rumah dengan DP 0 Rupiah

"Persaingan sangat ketat, banyak pemain rumah subsidi dan rumah MBR. Kami harus pandai-pandai bersiasat," ungkap Project Director Vista Land Christian C menjawab Kompas.com.

Christian menuturkan, di dalam area pameran IPEX saja ada banyak stan pengembang rumah subsidi. Kendati tak menyebut angka, dia menganggap banyak pesaing.

Dalam pengamatan Kompas.com, para pengembang rumah subsidi dan MBR ini terkonsentrasi di pinggir kanan Hall B JCC. Mereka berjajar rapi mulai dari bagian tengah hingga sisi belakang.

Sebut saja Restu Pesona Cipta yang membangun Balika residence, Kreasi Group yang mengembangkan Abdi Negara Residence, dan Orchard Garden Property, dan lain-lain.

Berbeda dengan mereka, Vista Land justru menempati Hall A, area yang dianggap bergengsi. Hal ini karena Vista Land memamerkan seluruh produk yang telah dan tengah dibangun.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X