Hotel hingga Toko, Beragam Ide Manfaatkan Bus Transjakarta yang Terbengkalai

Kompas.com - 29/07/2019, 21:03 WIB
Bus ini diubah menjadi toko sayur berjalanFresh Move Bus ini diubah menjadi toko sayur berjalan

KOMPAS.com - Ratusan bus berlabel Transjakarta terbengkalai di sebuag lahan kosong di Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor.

Pemberitaan Kompas.com, Senin (29/7/2019) menyebutkan, sebanyak 300 bus tersebut tampak usang dan teringgok dimakan cuaca.

Camat Dramaga Adi Hendriyana mengatakan, ratusan bus tersebut ternyata merupakan aset perusahaan bernama PT Adi Teknik Ecopindo yang dinyatakan pailit.

Kini, ratusan bus tersebut teronggok, rusak, dan berkarat. Ketimbang terbuang percuma, lebih baik bus-bus tersebut dikonversi.

Di berbagai belahan dunia, banyak inspirasi yang bisa dipetik dari pemanfaatan bus bekas, berikut contohnya:

Menjadi rumah

Sayangnya, rumah bus ini tidak bisa dijalankan laiknya karavan.Oddyt Central Sayangnya, rumah bus ini tidak bisa dijalankan laiknya karavan.
Bangkai bus bisa disulap menjadi rumah tinggal yang nyaman. Sebuah bangkai bus tua di Israel disulap menjadi rumah dengan interior mewah.

Artikel Kompas.com yang tayang 10 Februari 2014 menyatakan, orang di balik ide itu adalah ahli psikoterapi, Tali Shaul dan spesialis penanganan air kolam ekologi, Hagit Morevski.

Kedua perempuan ini memutuskan membeli sebuah bus tua dari pembuangan dan melakukan transformasi besar-besaran atas bus tersebut.

Untuk merestorasi badan bus, mereka meminta bantuan desainer Vared Sofer Drori merancang interiornya.

Bus tersebut hanya berukuran 2 meter x 12 meter, namun dapat digunakan sebagai hunian yang lengkap.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X