4 Cara Mencegah Potensi Kecelakaan di Rumah

Kompas.com - 27/07/2019, 07:00 WIB
Cara Mencegah Potensi Kecelakaan di Rumah ShutterstockCara Mencegah Potensi Kecelakaan di Rumah

KOMPAS.com - Menciptakan lingkungan yang aman dan terbebas dari potensi bahaya demi keselamatan keluarga adalah sebuah prioritas.

Tidak hanya di tempat umum, kecelakaan juga bisa terjadi di dalam rumah. Beberapa dapat diakibatkan dari struktur atau desain bangunan yang tidak ideal, rusaknya perabot rumah tangga sampai kelalaian penghuni rumah itu sendiri.

Dampak dari kecelakaan di dalam rumah dapat menyebabkan luka fisik sampai kematian. Anak-anak adalah yang paling rentan mengalami kecelakaan di dalam rumah.

Untungnya terdapat banyak cara pencegahan yang bisa Anda lakukan agar untuk memastikan keselamatan seluruh anggota keluarga di rumah.

Simak potensi kecelakaan yang bisa terjadi di dalam rumah dan cara pencegahannya berikut ini!

Jatuh dari Tangga

Jatuh dari tanggaShutterstock Jatuh dari tangga
Salah satu kecelakaan di rumah yang paling umum terjadi adalah jatuh dari tangga. Satu dari lima orang dewasa mengalami patah tulang atau gegar otak akibat terjatuh dari tangga.

Tidak hanya itu, jenis kecelakaan ini juga umum menimpa anak-anak yang masih dalam usia perkembangan (1-5 tahun).

Oleh sebab itu, pastikan tangga di rumah telah memiliki desain yang ideal. Tangga sebaiknya dipasangi railing yang terbuat dari material yang kokoh dan berbentuk solid.

Pada bagian depannya tak memiliki banyak celah sehingga tangga aman dilalui anak-anak.

Pembatas pada bagian depan dan bawah tangga juga dapat dibuat untuk mencegah si kecil yang balita menerobos turun dari tangga secara sembarangan.

Selain itu, permukaan lantai tangga juga perlu dipastikan selalu dalam keadaan kering untuk menghindari risiko terpeleset.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X