Sempat Mati Suri, Pondok Cabe Dilirik Kembali

Kompas.com - 23/07/2019, 15:52 WIB
SouthCity Square Dokumentasi SDTSouthCity Square

JAKARTA, KOMPAS.com -  Pondok Cabe. Ini merupakan kawasan di selatan Jakarta yang lokasinya tak jauh dari Lebak Bulus, dan Pondok Indah.

Namun, pamor Pondok Cabe kalah mentereng dibanding keduanya. Macet, adalah momok yang terus menghantui kawasan ini sehingga "diemohi" para pencari rumah.

Akses yang terbatas, infrastruktur kurang memadai, serta penataan ruang yang semrawut turut menjadikan kawasan ini terbenam.

Bagaimana kondisinya kini?

Senyampang dengan itu, dan hal ini diakui para pebisnis properti sebagai sesuatu yang tak bisa dihindari, Pondok Cabe telah berubah.

Berbagai pengembangan proyek-proyek anyar terus bermunculan sejak lima tahun terakhir. Bahkan, proyek skala perumahan di atas 30 hektar sudah hadir di Pondok Cabe.

Baca juga: Pasar Perumahan Jadebotabek Anjlok

Menyusul Bukit Modern Golf yang dibangun PT Modern Realty Tbk, yang sempat merasakan masa jayanya pada kurun 1990-an. 

Bukit Modern Golf adalah proyek skala perumahan terakhir yang dibangun pengembang. 

Fortunia ResidenceDokumentasi SDT Fortunia Residence
Hingga 2015, muncul PT Setiawan Dwi Tunggal (SDT) yang merintis pengembangan South City. Bersama Wiraland, dan seorang investor lainnya, SDT yang dimotori Peony Tang menjalankan proyek ini dengan terlebih dahulu membangun infrastruktur, dan aksesibilitas.

Baru kemudian mereka membangun properti seperti klaster rumah Fortunia Residence, ruko SouthCity Square, dan apartemen The Parc.

"Kami investasi besar-besaran di infrastruktur dan aksesibilitas. Karena dua faktor ini yang menjadi kekurangan Pondok Cabe. Sementara propertinya baru mulai dibangun pada 2017," kisah Sales and Marketing Associate Director South City Stevie Faverius Jaya menjawab Kompas.com, Selasa (23/7/2019). 

Baca juga: Di Bekasi, Rumah Paling Laku Seharga Rp 1,1 Miliar-Rp 1,5 Miliar

Opsi membangun infrastruktur dan aksesibilitas, rupanya mendatangkan "keuntungan" bagi SDT. Pasca peresmian SouthCity Bridge dan akses yang menghubungkan kawasan Cinere (Depok), dengan Pondok Cabe (Tangerang Selatan), nama Pondok Cabe mulai trending.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X