96,4 Persen Apartemen Mewah di Jakarta Laku Terjual

Kompas.com - 20/07/2019, 16:00 WIB
Living Room Raffles Residence Jakarta Dokumentasi Raffles ResidenceLiving Room Raffles Residence Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingkat penjualan atau serapan apartemen mewah di Jakarta per Semester I-2019 mencapai 96,4 persen atau 3.983 unit dari total pasokan eksisting 4.131 unit.

Dari jumlah apartemen yang terjual itu, sebanyak 2.177 unit atau 52,7 persen di antaranya telah dihuni dengan harga rata-rata menembus angka Rp 66,2 juta per meter persegi.

Director Strategic Consulting Cushman and Wakefield Indonesia Arief Rahardjo mengatakan, kinerja sales rate apartemen mewah ini relatif stabil, terutama untuk pasokan eksisting.

Baca juga: Marmer Italia, Kloset Jerman, Ini Spesifikasi Apartemen Mewah Jakarta

Hal ini mengingat pasokan apartemen premium di Jakarta sangat terbatas. Bahkan secara komposisi, hanya 1,6 persen dari total pasokan eksisting 258.187 unit apartemen seluruh kelas di wilayah Jadebotabek.

"Sementara untuk apartemen mewah yang masih dalam tahap konstruksi atau penawaran perdana terserap 43,3 persen atau 629 unit," ujar Arief menjawab Kompas.com, Jumat (19/7/2019).

Sebagai informasi, apartemen mewah yang masih dalam tahap konstruksi dan juga pemasaran perdana sejumlah 1.452 unit.

Baca juga: Para Pengembang Apartemen Mewah untuk Kalangan Super Kaya

"Harga jual rata-rata pasokan baru ini sekitar Rp 50 juta per meter persegi," imbuh Arief.

Sebagian besar apartemen eksklusif ini berada di area komersial utama central business district (CBD) Jakarta, dan area perumahan utama Jakarta Selatan.

Sementara itu, melihat perkembangan pasar yang menunjukkan pergerakan positif, terlebih pasca diterbitkannya kebijakan baru perpajakan barang mewah, sejumlah pengembang kembali merilis apartemen mewah.

Beleid baru ini adalah Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 86/PMK.010/2019 tentang Perubahan atas PMK Nomor 35/PMK.010/2017 tentang Jenis Barang Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Selain Kendaraan Bermotor Yang Dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah.

Baca juga: Apartemen Rp 43,4 Miliar Dibayar Kontan, Enggak Pake Nyicil

Dalam Lampiran I PMK baru disebutkan, daftar jenis barang kena pajak yang tergolong mewah selain kendaraan bermotor yang dikenai PPnBM dengan tarif sebesar 20 persen.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X