Danang "Warning" PP Soal K3 Tol Semarang-Demak

Kompas.com - 20/07/2019, 14:00 WIB
Kepala BPJT Danang Parikesit KOMPAS.com / DANI PRABOWOKepala BPJT Danang Parikesit

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol ( BPJT) Danang Parikesit memperingatkan konsorsium pemenang proyek Tol Semarang-Demak untuk mengutamakan aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dalam mengerjakan proyek ini.

Untuk diketahui, lelang pengadaan proyek senilai Rp 15,3 triliun ini dimenangkan konsorsium PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero), dan PT Misi Mulia Metrical.

Surat penetapan pemenang pun telah diserahkan Danang kepada konsorsium, Jumat (19/7/2019).

Baca juga: Tol BORR Ambruk, Hari Ini Kementerian PUPR Panggil Jasa Marga dan PP

"Soal keselamatan konstruksi, kemarin PP ada hal yang perlu diperhatikan. Mungkin ini bisa dilaksanakan dengan mengutamakan keselamatan konstruksi," kata Danang di kantornya.

Sebelumnya diberitakan, formwork pada pierhead proyek Tol Bogor Ring Road (BORR) Seksi 3 A ambruk setelah tidak kuat menahan beban cor beton.

Proyek yang dimiliki PT Marga Sarana Jabar, anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, ini digarap PT PP selaku kontraktor pelaksana.

"Keselamatan konstruksi ini menjadi perhatian penting apalagi ini kalau dilihat dari tanggulnya cukup tinggi," ujarnya.

Selain itu, Danang mengingatkan, kondisi tanah di wilayah kerja cukup lunak. Oleh karena itu diperlukan teknologi tinggi untuk menggarap proyek ini.

Baca juga: Insiden Tiang Ambruk, GM Proyek Tol BORR Diganti

Dia juga meminta konsorsium dapat menggandeng para ahli dari dalam negeri pada saat pekerjaan dilaksanakan. Hal ini sekaligus untuk menularkan pengetahuan kepada mereka.

"Saya sudah bertemu dengan Undip dan mereka menyatakan siap membangu. Mungkin juga UNS dan UGM mereka juga siap membantu karena cukup dekat dengan lokasi," pungkas dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X