Proporsi, Prinsip Rahasia Dekorasi Interior Cantik

Kompas.com - 22/06/2019, 15:26 WIB
Proporsi Desain Rumah Tinggal Brawijaya Karya Han Awal & Partners www.arsitag.comProporsi Desain Rumah Tinggal Brawijaya Karya Han Awal & Partners

KOMPAS.com - Soal desain, baik desain interior rumah mewah maupun desain interior rumah sederhana, hal paling utama yang harus Anda ketahui adalah bagaimana prinsip dasarnya.

Dengan mengetahui prinsip dasar, Anda bisa mengubah ruangan apapun menjadi luar biasa. Anda bisa merasakan bagaimana paduan yang tepat hingga konsep yang pas untuk rumah Anda.

Dikutip dari The Interior Design Institute, sebuah Lembaga Pendidikan desain interior di Kanada, dalam desain interior, ada 5 hal paling dasar yang harus diketahui.

Pertama keseimbangan (balance) yakni tentang membuat pola, bentuk, warna dan tekstur dalam ruangan tampil indah secara visual.

Kedua adalah ritme, ketiga harmoni, keempat penekanan, dan yang terakhir adalah proporsi atau skala.

Proporsi dalam desain interior mengacu pada keseimbangan antar-elemen desain seperti bentuk, warna, dan tekstur.

Desainer dan arsitek sering menghubungkan proporsi dengan skala, yang mengacu pada ukuran komparatif dari satu atau lebih objek yang disandingkan satu sama lain.

Proporsi adalah penilaian relatif terhadap sebuah komposisi, tentang bagaimana beberapa objek dirangkai menjadi satu kesatuan yang pas.

Anda dapat mencapai proporsi yang benar dengan mengulangi bentuk, warna dan tekstur, mengontrol cahaya, serta menyediakan gaya dan variasi.

Yuk, simak ragam proporsi berikut ini.

Proporsi Warna

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X