Soal Divestasi Waskita Karya, Jasa Marga Pilih Minoritas

Kompas.com - 06/05/2019, 22:47 WIB
Gerbang Tol Tegal, Jawa Tengah. Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRGerbang Tol Tegal, Jawa Tengah.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk masih berkomunikasi dengan PT Waskita Karya (Persero) Tbk terkait rencana perseroan dalam mendivestasi sejumlah ruas Tol Trans Jawa.

Menurut Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani, perseroan tidak akan masuk sendirian dalam membeli ruas jalan berbayar yang ditawarkan Waskita.

"Ini sedang dalam tahap diskusi, belum bicara angka. Kalau pun masuk, kami masuk sebagai minoritas dulu," kata Desi di Jakarta, Senin (6/5/2019).

Meski begitu, pihaknya tak menutup kemungkinan untuk menjadi pembeli saham mayoritas pada ruas yang ditawarkan suatu saat nanti.

Baca juga: Jasa Marga Siapkan Rp 27 Triliun Rampungkan Proyek Tol Tahun Ini

"Sekarang kita ambil untuk kepentingan operasi supaya satu kendali sehingga masyarakat akan menerima manfaat dari sisi operasional," kata dia.

Sementara itu, Direktur Keuangan Donny Arsal menuturkan, rencana pembelian tol milik Waskita akan memperhitungkan kemampuan keuangan perseroan.

Tahun ini, Jasa Marga menyiapkan belanja modal sebesar Rp 27 triliun untuk mendanai penyelesaian sejumlah ruas tol.

Beberapa di antaranya ruas Jakarta-Cikampek II (Elevated), ruas Serpong-Kunciran dan Kunciran-Cengkareng yang masuk ke dalam jaringan Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2, Pandaan-Malang, Manado-Bitung dan Balikpapan-Samarinda.

Baca juga: Jasa Marga Bagikan Deviden 15 Persen

"Capex-nya kan sudah gede. Kalau mau beli tentu sesuai kemampuan," ucap Donny.

Untuk diketahui, portofolio Waskita Karya di koridor Tol Trans Jawa meliputi ruas Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, dan Pasuruan-Probolinggo.

Kepemilikan saham di masing-masing ruas ada yang sifatnya mayoritas maupun minoritas.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X