Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Siapkan Rp 27 Triliun Rampungkan Proyek Tol Tahun Ini

Kompas.com - 06/05/2019, 20:59 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk siapkan Rp 27 triliun belanja modal untuk mendanai penyelesaian sejumlah proyek jalan tol pada tahun 2019 ini.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani menjelaskan, proyek yang akan diselesaikan bukanlah proyek baru. Melainkan proyek yang sejak awal telah masuk ke dalam pipeline penyelesaian.

Beberapa di antaranya seperti ruas Jakarta-Cikampek II (Elevated), ruas Serpong-Kunciran dan Kunciran-Cengkareng yang masuk ke dalam jaringan Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2, Pandaan-Malang, Manado-Bitung dan Balikpapan-Samarinda.

Baca juga: Jasa Marga Catat Pertumbuhan EBITDA 9,89 Persen

"Jadi bukan proyek baru yang sedang berjalan, tapi yang on going," ungkap Desi usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Jakarta, Senin (6/5/2019).

Direktur Pengembangan Adrian Priohutomo menambahkan, untuk tahun ini ada sejumlah proyek yang juga tengah diincar Jasa Marga.

Beberapa di antaranya ruas Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, akses Patimban dan Ciranjang-Padalarang.

Baca juga: Jasa Marga Bagikan Deviden 15 Persen

"Trase Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, akses yang pasti dari Gedebage ke Majalaya sepanjang 14 kilometer. Sisanya masih kajian karena itu ada dua alternatif yakni yang mendekati jalan nasional atau mendekati ke arah Garut," tutur Adrian.

Sementara ruas Ciranjang-Padalarang yang menjadi terusan dari ruas Purbaleunyi, saat ini masih dalam proses review harga oleh Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com