Hari Ini, 25 Tahun Lalu Daratan Inggris dan Eropa Terhubung

Kompas.com - 06/05/2019, 14:30 WIB
Terowongan Channelice.org.uk Terowongan Channel

KOMPAS.com - Negara Inggris secara geografis terpissah dengan daratan Eropa. Namun kini, kedua wilayah tersebut terhubung dengan adanya terowongan atau English Channel.

Menurut History, pembukaan terowongan ini menandai terhubungnya Inggris dengan daratan Eropa sejak Zaman Es.

Tak hanya melewati dan membelah pegunungan, terowongan ini dibangun melewati dasar laut yang terhubung di antara dua pulau terpisah.

Terowongan yang dibangun sepanjang 50,45 kilometer tersebut menghubungkan wilayah Folkstone di Inggris dengan Sangatte di Perancis.

Melansir The Telegraph, terowongan ini dibangun dengan kedalaman rata-rata mencapai 50 meter di bawah dasar laut dengan titik terendah berada di 5 meter di bawah dasar laut.

Di dalamnya terdapat tiga buah terowongan yang digunakan untuk kereta dan mobil. Sedangkan satu terowongan lainnya digunakan untuk keadaan darurat.

Terowongan Channel memangkas waktu perjalanan antara Inggris dan Perancis menjadi 35 menit serta London dan Paris menjadi hanya 2,5 jam.

Selain itu, setiap harinya, terdapat 60.000 penumpang melewati terowongan bersama dengan 4.600 truk, 140 pelatih, dan 7.300 mobil.

Sejarah panjang pembangunan terowongan

Keberadaan terowongan yang melintasi selat pertama ini telah melalui perjalanan panjang. Sejarah mencatat pada tahun 1802, Insinyur Napoleon, Albert Mathieu mengemukakan rencana untuk membuat terowongan di Selat Channel di antara dua negara.

Mathieu mengatakan terowongan tersebut didesain dengan cerobong asap atau ventilasi yang membentang di atas ombak.

Selain itu, Matheu juga membayangkan, terowongan tersebut akan diterangi dengan penerangan dari lampu minyak, kereta kuda, serta sebuah pulau buatan yang diposisikan di tengah selat untuk mengganti kuda.

Dokumen New York Times yang terbit pada 7 Agustus 1866 menyebutkan, setelah itu Aimé Thomé de Gamond melakukan survei geologis dan hidrografi pertama. Dia lalu membuat beberapa skema pembangunan terowongan.

Peta terowongan Channel (Channel Tunnel), yang membentang sejauh 50 kilometer di bawah permukaan air Selat Inggris.Mortadelo2005 Peta terowongan Channel (Channel Tunnel), yang membentang sejauh 50 kilometer di bawah permukaan air Selat Inggris.
Pada 1856 Thomé de Gamond akhirnya menyerahkan proposal kepada Napoleon III untuk membangun terowongan kereta api dari Tanjung Gris-Nez ke Eastwater Point.

Gagasan lain juga muncul dari pihak Inggris. Pada tahun 1865, George Ward Hunt mengusulkan gagasan tentang terowongan.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X