1.468 Kilometer Jalan Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera Siap Dilintasi

Kompas.com - 04/05/2019, 13:00 WIB
Tol Pandaan-MalangKementerian PUPR Tol Pandaan-Malang

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang 1.468 kilometer jalan tol akan dibuka untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Seluruh ruas ini ada di jaringan Jalan Tol Trans Jawa dan Tol Trans Sumatera. Baik yang sudah berstatus operasional maupun fungsional.

Di Tol Trans Jawa, panjang jalan yang akan dibuka mencapai 965 kilometer ditambah tiga seksi ruas Pandaan-Malang sepanjang 31 kilometer.

Baca juga: Rekor Baru, Pemerintahan Jokowi-JK Operasikan 39 Tol dalam 4,5 Tahun

Di sepanjang Tol Trans Jawa terdapat 71 Tempat Istirahat (TI)/Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP). Dari jumlah tersebut, 55 di antaranya telah beroperasi dan 16 lainnya masih dalam tahap konstruksi.

Gerbang Tol Simpang PematangKementerian PUPR Gerbang Tol Simpang Pematang

Sementara itu, Jalan Tol Trans Sumatera yang akan dibuka mencapai 503 kilometer, sepanjang 225 kilometer dibuka fungsional dan 278 kilometer lainnya telah operasional.

Adapun ruas yang telah operasional meliputi Bakauheni-Terbanggi Besar (140,9 km), Palembang-Indralaya (21,93 km), Medan-Binjai Seksi 2 dan 3 (10,46 km), Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (62,11 km) dan Belawan-Medan-Tanjung Morawa (42,7 km).

Sementara ruas yang dibuka fungsional yakni Terbanggi Besar–Pematang Panggang (189 km), Kayuagung-Palembang-Betung (33 km), dan Medan-Binjai Seksi 1 (2,8 km).

Di sepanjang Tol Trans Sumatera, baru terdapat satu TIP tepatnya di KM 20+700 ruas Bakauheni-Terbanggi Besar.

Gerbang Tol Lawang di ruas Tol Pandaan-MalangKementerian PUPR Gerbang Tol Lawang di ruas Tol Pandaan-Malang

Dukung kelancaran

Untuk meningkatkan kapasitas volume kendaraan, khususnya di Jalan Tol Trans Jawa, pemerintah berencana menghentikan sejumlah proyek konstruksi di ruas Jakarta-Cikampek.

Rencananya, penghentian tersebut akan dilaksanakan pada H-10 hingga H+10 Lebaran.

Salah satu proyek yang dihentikan yakni Tol Layang Jakarta-Cikampek II. Dengan penghentian ini maka jumlah lajur yang akan difungsikan menjadi 4 lajur untuk masing-masing jalur.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X