Basuki Tegaskan Pelayanan di "Rest Area" Jalan Tol Harus Gratis

Kompas.com - 29/04/2019, 19:00 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono Dani Prabowo/Kompas.comMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan, pelayanan di tempat istirahat atau rest area harus gratis. 

Pengelola atau badan usaha jalan tol (BUJT) tidak diperkenankan mengenakan tarif dalam bentuk apapun untuk melayani pengguna jalan tol yang hendak memanfaatkan fasilitas di rest area, seperti toilet dan mushola.

Tak sampai di sana, kebersihan, kerapihan dan keandalan dari setiap tempat istirahat tersebut juga harus diperhatikan.

Basuki mengaku, masih mendapati sebuah rest area dengan toilet berbayar di Jalan tol Jagorawi. 

"Yang di jalan Tol Bogor karena saya sering mampir di rest area Bogor itu, (petugas) yang jaga tahu. Begitu ada saya, dia lari bawa kotak (iuran toilet), disembunyikan. Yang begitu-begitu lucu," kata Basuki saat rapat koordinasi Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) di Jakarta, Senin (29/4/2019).

Baca juga: Rekor Baru, Pemerintahan Jokowi-JK Operasikan 39 Tol dalam 4,5 Tahun

Padahal, pengelola atau BUJT sudah diberikan hak untuk menaikkan tarif tol dua tahun sekali, sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan Tol.

Penyesuaian tarif setiap dua tahun sekali sesuai dengan isi perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) yang sudah ditandatangan.

Hal itu untuk memberikan kepastian atas pengembalian investasi mereka di jalan berbayar tersebut.

Namun, sebelum kenaikan tarif dapat dilaksanakan, ada sejumlah standar pelayanan minimum atau SPM yang harus dipenuhi. Salah satunya yaitu kualitas tempat istirahat. 

Merujuk data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), ada delapan indikator SPM yang harus dipenuhi BUJT.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X