Mencermati Program Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi soal Infrastruktur

Kompas.com - 10/04/2019, 09:00 WIB
Ilustrasi infrastruktur THINKSTOCK/SIRISAK BAOKAEWIlustrasi infrastruktur

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam lima tahun terakhir, pembangunan infrastruktur menjadi program kerja yang paling diandalkan pemerintah.

Tak hanya untuk mengejar ketertinggalan infrastruktur, tetapi juga guna menciptakan lapangan kerja hingga meningkatkan daya saing negara dibandingkan negara lain.

Program pembangunan infrastruktur dari pinggiran dilakukan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla guna memastikan tak ada satu pun wilayah yang tidak tersentuh oleh pemerintah.

Di samping untuk memastikan pemerataan, pembangunan model ini dilakukan untuk menghilangkan kesan Jawa sentris.

Baca juga: Jubir BPN Prabowo-Sandiaga: Jokowi Tak Efisien Bangun Infrastruktur

Lantas seperti apa infrastruktur akan dibangun pada masa pemerintahan berikutnya?

Pemilu Presiden 2019 bakal digelar serentak dengan Pemilu Legislatif pada 17 April 2019. Artinya, masih ada kesempatan bagi Anda untuk mempelajari gagasan dari masing-masing kandidat guna memastikan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan.

Untuk mengetahui gagasan tersebut, salah satu hal yang dapat dilakukan calon pemilih yaitu dengan menilik dokumen visi misi serta program kerja yang terpampang pada laman resmi masing-masing calon presiden-wakil presiden.

Visi misi pasangan calon nomor urut 01, Joko Widodo-Maruf Amin yang bisa diakses melalui laman www.jokowiamin.id.www.jokowiamin.id Visi misi pasangan calon nomor urut 01, Joko Widodo-Maruf Amin yang bisa diakses melalui laman www.jokowiamin.id.

Rencana kerja pasangan nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin dapat dilihat melalui laman www.jokowiamin.id.

Pasangan ini memiliki visi untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

Ada sembilan misi yang dinilai menjadi penjabaran visi, yakni peningkatan kualitas manusia Indonesia; struktur ekonomi yang produktif, mandiri dan berdaya saing; pembangunan yang merata dan berkeadilan; dan mencapai lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X