Kompas.com - 03/04/2019, 19:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan inspeksi mendadak ke Stadion Utama Papua Bangkit, di Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Senin (1/4/2019).

Ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerjanya di Provinsi Papua untuk melihat perkembangan pembangunan berbagai fasilitas umum dan infrastruktur di sana.

Presiden mengatakan bahwa konstruksi Stadion Utama Papua Bangkit akan selesai pada Mei 2019 dan selanjutnya tinggal menambah persiapan menjelang perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang akan diselenggarakan di Provinsi Papua tahun depan.

“Saya lihat kesiapannya ini nanti bulan apa selesai, Mei selesai. Insya Allah Mei selesai,” ujar Presiden Jokowi, seperti dipublikasikan laman resmi Sekretariat Kabinet, Selasa (2/4/2019).

Menurut pengamatannya, stadion yang berdaya tampung lebih dari 40.000 penonton itu memiliki kualitas yang bagus dan diharapkan bisa meningkatkan prestasi klub sepak bola yang berada di Papua.

Baca juga: Sistem Pencahayaan Stadion Manahan Lebih Canggih Dibanding Luzhniki

Jokowi menyetujui agar Provinsi Papua fokus pada pengembangan cabang olahraga sepak bola, seperti yang diusulkan oleh Gubernur Papua Lukas Enembe.

“Sudah fokus dua itu saja, Pak Gub. Setuju saya,” kata Jokowi.

Stadion Papua BangkitSkyscrapercity.com/Hendriko Mayor Stadion Papua Bangkit

Sesuai catatan Kompas.com, Stadion Papua Bangkit akan menjadi venue utama ajang PON 2020. Luas stadionnya mencapai 71.697 meter persegi yang berdiri atas lahan 13 hektar.

Nilai kontrak pembangunannya sebesar Rp 1,3 triliun. Pengerjaannya dilakukan oleh PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk sejak 2016 dan ditargetkan selesai pada tahun ini.

Stadion itu juga dilengkapi dengan lapangan latihan serta sejumlah fasilitas lainnya. Dilihat dari gambar foto yang beredar, tampak ukiran khas Papua berbentuk barisan segitiga mendominasi bagian fasad bangunan.

Pada sisi kiri dan kanan stadion, ukiran tersebut memiliki ukuran lebih besar daripada bagian pelengkung.

Terdapat tulisan “Stadion Papua Bangkit” berwarna merah mendominasi salah satu atap pada sisi pelengkung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.