Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mei 2019, Konstruksi Stadion Utama Papua Bangkit Rampung

Ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerjanya di Provinsi Papua untuk melihat perkembangan pembangunan berbagai fasilitas umum dan infrastruktur di sana.

Presiden mengatakan bahwa konstruksi Stadion Utama Papua Bangkit akan selesai pada Mei 2019 dan selanjutnya tinggal menambah persiapan menjelang perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang akan diselenggarakan di Provinsi Papua tahun depan.

“Saya lihat kesiapannya ini nanti bulan apa selesai, Mei selesai. Insya Allah Mei selesai,” ujar Presiden Jokowi, seperti dipublikasikan laman resmi Sekretariat Kabinet, Selasa (2/4/2019).

Menurut pengamatannya, stadion yang berdaya tampung lebih dari 40.000 penonton itu memiliki kualitas yang bagus dan diharapkan bisa meningkatkan prestasi klub sepak bola yang berada di Papua.

Jokowi menyetujui agar Provinsi Papua fokus pada pengembangan cabang olahraga sepak bola, seperti yang diusulkan oleh Gubernur Papua Lukas Enembe.

“Sudah fokus dua itu saja, Pak Gub. Setuju saya,” kata Jokowi.

Sesuai catatan Kompas.com, Stadion Papua Bangkit akan menjadi venue utama ajang PON 2020. Luas stadionnya mencapai 71.697 meter persegi yang berdiri atas lahan 13 hektar.

Nilai kontrak pembangunannya sebesar Rp 1,3 triliun. Pengerjaannya dilakukan oleh PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk sejak 2016 dan ditargetkan selesai pada tahun ini.

Stadion itu juga dilengkapi dengan lapangan latihan serta sejumlah fasilitas lainnya. Dilihat dari gambar foto yang beredar, tampak ukiran khas Papua berbentuk barisan segitiga mendominasi bagian fasad bangunan.

Pada sisi kiri dan kanan stadion, ukiran tersebut memiliki ukuran lebih besar daripada bagian pelengkung.

Terdapat tulisan “Stadion Papua Bangkit” berwarna merah mendominasi salah satu atap pada sisi pelengkung.

https://properti.kompas.com/read/2019/04/03/193000921/mei-2019-konstruksi-stadion-utama-papua-bangkit-rampung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke