Kompas.com - 27/03/2019, 15:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ingin penanganan kerusakan di Sungai Citarum melalui program Citarum Harum dapat diimplementasikan di Danau Rawa Pening, Jawa Tengah.

Menurut dia, persoalan yang terjadi di dua lokasi ini dapat benar-benar diselesaikan bila ada koordinasi maksimal antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah beserta stakeholder terkait.

"Kami ingin mengimitasi Citarum Hulu di Rawa Pening. Komandonya di gubernur. Nanti ada kapolda dalam penegakkan hukum, Kementerian LHK untuk support," kata Basuki di Jakarta, Selasa (26/3/2019).

Ia menilai, persoalan yang terjadi di Rawa Pening sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang terjadi di Sungai Citarum.

Misalnya, tingkat sedimentasi yang tinggi menyebabkan debit volume air menurun. Dalam 22 tahun setidaknya terjadi penurunan volume air mencapai 29,34 persen dan diperkirakan pada 2021 penuh dengan sedimen.

Selain itu, juga terjadi peningkatan kegiatan perikanan dari semula 2,21 hektar menjadi 3,78 hektar.

Persoalan lain yang terjadi yaitu adanya pertanian pasang surut di area seluas 1.030 hektar dan blooming enceng gondok.

Baca juga: 15 Danau Terancam Rusak, Sejumlah Kementerian Teken Nota Penyelamatan

"Saya sudah tempatkan institusi khusus untuk menangani Rawa Pening. Saya sudah tangani Bukit Cinta, jadi pengembangannya sudah banyak sekali. Mudah-mudahan Rawa Pening menjadi sehat kembali," tutur Basuki.

Dalam rapat koordinasi pemulihan danau yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, juga diambil kesepahaman untuk segera memulihkan kondisi Danau Rawa Pening.

Misalnya, penyusunan rencana detail tata ruang dan instrumen pengendalian pemanfaatan ruang kawasan Rawa Pening dan Daerah Aliran Sungai (DAS) Tuntang yang berwawasan lingkungan dan pengurangan risiko bencana serta sertifikasi badan air danau tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.