Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes Jepang Sebut Jokowi Ingin Trase MRT "East-West" Cepat Dibangun

Kompas.com - 24/03/2019, 21:36 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii menyebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) di Jakarta dapat segera dilanjutkan. Tak hanya trase selatan utara (South-Nort), tetapi juga trase timur barat (East-West).

Hal itu diungkapkan Jokowi kepada Ishii, sebelum peresmian pengoperasian Fase 1 MRT Lebak Bulus-Bundaran HI, Minggu (24/3/2019) pagi.

"Hari ini ketika saya naik MRT, Presiden bilang beliau juga ingin terus kerja sama dengan Jepang untuk bangun MRT. Dan selain itu Pak Presiden mengatakan tentang jalur timur barat juga, beliau mengatakan cepat-cepat untuk pembangunan tersebut," kata Ishii menjawab pertanyaan Kompas.com.

Saat ini, kajian pembangunan trase timur-barat atau fase tiga masih terus dilakukan antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA).

Baca juga: Dubes Jepang Tidak Sabar Naik MRT Jakarta untuk Makan Siang di Blok M

Secara prinsip, Ishii mengaku, pihaknya siap membantu Pemerintah Indonesia untuk mewujudkan hal tersebut.

Terlebih, sebelumnya juga sudah ada permintaan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla agar Jepang terlibat dalam pembangunan proyek MRT selanjutnya.

Sementara itu, Wakil Presiden JICA Yasushi Tanaka memastikan, siap mendukung rencana pembangunan trase timur-barat.

Hanya, untuk sementara JICA belum dapat memberikan informasi anggaran yang dibutuhkan untuk merealisasikan proyek tersebut.

Baca juga: Baru Delapan Rangkai Kereta MRT Jakarta yang Beroperasi

"Mengenai dana jalur timur barat kami baru melakukan perancangan. Karena itu biaya belum ditentukan," kata Tanaka.

Ia menambahkan, dengan jumlah penduduk mencapai 10 juta jiwa, perpanjangan trase MRT di Jakarta merupakan sebuah kebutuhan yang mendesak.

Sebab, panjang trase yang telah beroperasi saat ini hanya mencapai 16 kilometer. Apabila ditambah dengan trase baru sepanjang 8 kilometer yang dicanangkan Presiden dari Bundaran HI-Kampung Bandan pun, dinilai masih kurang.

"Masalah-masalah perkotaan di Asia itu sangat penting, karena itu Jepang ingin bekerjasama dengan menggunakan teknologi Jepang. Proyek MRT ini kami rasa adalah proyek abad ini. Jadi saya senang sekali sangat gembira kerja sama di sini," tutur Tanaka.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meresmikan pengoperasian MRT Fase 1 Lebak Bulus-Bundaran HI, Minggu (24/3/2019).

Baca juga: MRT Jakarta Incar Pendapatan Rp 180 Miliar dari Penjualan Tiket

Pada saat yang sama, Presiden juga mencanangkan pembangunan Fase 2 Bundaran HI-Kampung Bandan sepanjang 8 kilometer.

Selain itu, Presiden juga telah meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk segera memulai pembangunan Fase 3 jalur timur barat.

"Tahun ini tadi sudah saya perintahkan kepada gubernur untuk memulai rute timur-barat, east west, juga dimulai tahun ini," kata Presiden.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com