Tol Layang Jakarta-Cikampek Belum Fungsional Saat Mudik 2019

Kompas.com - 22/03/2019, 19:32 WIB
Foto aerial pembangunan konstruksi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/10/2018) ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.Foto aerial pembangunan konstruksi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/10/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) ditargetkan bisa dibuka secara fungsional saat arus mudik Lebaran 2019.

Guna mengejar target itu, PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) sebagai pemegang konsesi terus mengebut pengerjaan proyek tersebut.

Namun, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljonomemastikan Tol Layang Jakarta-Cikampek belum bisa digunakan secara fungsional menjelang Lebaran nanti.

Basuki khawatir jika pengerjaannya dilakukan terburu-buru, akan mengabaikan faktor keselamatan, baik bagi para pekerjanya maupun pengguna jalan tol.

Baca juga: Menteri Rini Puas Sistem RFID Jasa Marga Berjalan Lancar

“Belum bisa, saya tidak terlalu ngotot. Saya lihat risikonya terlalu tinggi, apalagi hujan kan ngeri. Jadi mendingan safety first,” ujar Basuki di Jakarta, Jumat (22/3/2019).

Bagi dia, lebih baik Jasa Marga membersihkan terlebih dahulu jalan yang berada di bagian bawah tol layang, sehingga bisa digunakan secara normal oleh para pengendara.

“Mending nanti saat Lebaran dibersihkan dulu yang bawahnya, kembalikan dulu jalurnya, tidak perlu mengejar fungsional. Probability-nya sangat kecil dan pasti tidak bisa,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Basuki menargetkan Tol Layang Jakarta-Cikampek baru bisa selesai paling cepat pada Juni atau Juli tahun ini.

Sebelumnya diberitakan, Direktur Utama PT JJC Djoko Dwijono akan menggenjot pekerjaan konstruksi proyek senilai Rp 14,5 triliun itu dalam beberapa bulan ke depan.

Hingga pertengahan Januari 2019, progres pembangunan tol sepanjang 36,4 kilometer itu baru mencapai 62,5 persen.

Baca juga: Jasa Marga Optimistis Tol Layang Jakarta-Cikampek Sesuai Target

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X