Rumah Murah, Lokasi Boleh di Pinggiran Asal Terjangkau Angkutan Umum

Kompas.com - 13/03/2019, 11:03 WIB
Ilustrasi rumah subsidi. KOMPAS.com / DANI PRABOWOIlustrasi rumah subsidi.

JAKARTA, KOMPAS.com – Usaha pemerintah untuk membangun perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) terus dilakukan.

Termasuk mengatasi masalah kekurangan hunian (backlog) yang dikalim mencapai 7,6 juta unit rumah.

Salah satunya melalui Program Sejuta Rumah. Masyarakat MBR mendapat kesempatan untuk memiliki rumah dengan harga terjangkau, dan layak huni.

Namun Program Sejuta Rumah bukannya tidak ada masalah. Problem yang sering dirasakan MBR yaitu jauhnya lokasi perumahan dari pusat perekonomian di kota besar, terutama di Jakarta.

Kendati banyak MBR tinggal di wilayah pinggiran kota, tetapi mereka bekerja, dan mencari nafkah di pusat kota sehingga harus melakukan perjalanan ulang alik setiap hari.

“Rumah MBR itu salah satu kelemahannya di pinggiran kota, jadi perlu ongkos transportasi yang lebih banyak,” ucap pengajar dan pengamat perumahan dari Universitas Tarumanegara Suryono Herlambang, kepada Kompas.com, Rabu (13/3/2019).

Baca juga: Panangian: Program Sejuta Rumah Harus Digarap Lebih Transparan

Menurut dia, seharusnya pemerintah menyediakan transportasi umum dari pinggiran kota ke pusat kota.

Misalnya bus dan angkutan kota yang biayanya terjangaku serta jadwal keberangkatannya teratur.

Herlambang melanjutkan, berbeda halnya dengan masyarakat kelas menengah yang berpenghasilan lebih tinggi dari MBR.

Mereka mampu membeli atau menyewa rumah di wilayah perkotaan sehingga jaraknya lebih terjangkau dan tidak begitu jauh dari sentral kegiatan perekonomian.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X