Rumah Tiga Lantai Ini Dibangun oleh Robot

Kompas.com - 09/03/2019, 08:00 WIB
Rumah ini dikembangkan oleh profesor dari ETH Zurich yang bekerja sama dengan profesional di bidang perencanaan dan pakar industri. Roman KellerRumah ini dikembangkan oleh profesor dari ETH Zurich yang bekerja sama dengan profesional di bidang perencanaan dan pakar industri.

KOMPAS.com - Sekelompok peneliti membangun DFAB House di Dubendorf, Swiss. Bangunan eksperimental ini mungkin akan menjadi potret tempat tinggal manusia pada masa depan.

Bagaimana tidak, seluruh proses konstruksinya dikerjakan oleh robot secara digital.

Baca juga: Canggih, Robot Bangun Museum

Melansir Dwell, rumah ini dikembangkan oleh profesor dari ETH Zurich yang bekerja sama dengan profesional di bidang perencanaan dan pakar industri.

DFAB House adalah unit hunian tiga lantai yang berada di atas gedung penelitian dan inovasi milik milik perusahaan riset dan penetilitian, Ema and Eawag.

-Roman Keller -
"Rumah DFAB sebenarnya adalah teknologi baru dan berbeda yang dapat diaplikasikan dalam bangunan yang dapat dihuni," ujar penggagas dan pemimpin DFAB, Matthias Kohler.

Menurutnya, bangunan ini adalah tonggak yang menarik bukan hanya bagi arsitektur namun juga untuk sains, budaya, dan tren bangunan digital di masa mendatang.

Rumah ini dibangun dengan menggunakan teknologi Mesh Mould yang memungkinkan robot membangun bekisting sebagai landasan beton.

Bekisting dari jaringan logam tersebut secara manual kemudian diisi dengan beton dan diletakkan di tengah-tengah struktur untuk menopang slab.

Kemudian langit-langit rumah dibangun dari model material prefabrikasi khusus yang disebut Smart Slab.

Struktur bekisting yang dirancang meliuk di dalam rumah mampu menopang berat langit-langit yang mencapai 2,5 ton.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X