Kompas.com - 06/03/2019, 14:08 WIB
Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo WISNU NUGROHO/Kompas.comDirektur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo

MEDAN, KOMPAS.com - Proyek pembangunan Tol Trans-Sumatera kian menunjukkan perkembangan signifikan. Progres konstruksi fisik hingga akhir Februari 2019 sepanjang 571 kilometer sudah selesai dibangun.

Dengan demikian, pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman di kota-kota Pulau Sumatera, bisa melintasi jalan bebas hambatan ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo memastikan hal itu kepada Kompas.com, usai acara Kupas Tuntas Tol Trans-Sumatera, di Medan, Rabu (6/3/2019).

"Saat mudik Lebaran tahun ini akan beroperasi sepanjang 571 kilometer. Mudik dari Bakauheni hingga Palembang 350 kilometer cuma 3 jam. Sebelumnya bisa seharian," ujar Bintang.

Bintang menuturkan, Tol Trans-Sumatera merupakan proyek strategis nasional (PSN) yang ditugaskan pemerintah kepada Hutama Karya berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 117 Tahun 2015 yang merupakan revisi atas Perpres Nomor 100 Tahun 2014.

Jalan yang membentang dari Bakauheni hingga Banda Aceh ini dirancang sepanjang 2.765 kilometer yang terbagi dalam 24 ruas.

"Investasi yang dibutuhkan untuk membangun jalan sepanjang itu senilai Rp 476 triliun," ungkap Bintang.

Dia mengharapkan, hingga akhir tahun ini panjang jalan tol yang terbangun sekitar 1.130 kilometer. Dengan demikian target beroperasi penuh pada 2024 mendatang dapat terpenuhi.

Kehadiran infrastruktur konektivitas di Pulau Sumatera ini diyakini bakal menjadi katalisator pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya.

"Dengan adanya Jalan Tol Trans-Sumatera, akan mengubah pola koleksi distribusi yang awalnya menyebar, menjadi linerie. Tentu saja ketimpangan ini berubah, karena pesisir timur dan barat Sumatera itu akan terbangun jalan," kata Direktur HC dan Pengembangan Hutama Karya Putut Ariwibowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.