Kardus, Material Serbaguna Bisa Mempercantik Interior Kafe

Kompas.com - 05/03/2019, 22:50 WIB
Cardboard Cafe Sheena Dabholkar.Cardboard Cafe

KOMPAS.com - Kafe baru di Mumbai menerapkan konsep unik dan ramah lingkungan. Seluruh perabot dan perlengkapannya dibuat dari kardus.

Tak sampai di situ saja, hampir seluruh komponen interior dibangun dari material ini.

Cardboard merupakan kafe pertama di India yang mengusung konsep ini. Rancangan kafe tersebut dibuat oleh NUDE, sebuah biro arsitek di India.

Selain itu, dalam menyempurnakan desain interiornya, NUDE bekerja sama dengan ilustratior Tanya Eden.

Bentuk kardus yang melengkung pada dinding menydiakan lapisan peredam suara. Mrigank Sharma Bentuk kardus yang melengkung pada dinding menydiakan lapisan peredam suara.
Pemilihan kardus bukan tanpa alasan. Kardus merupakan salah satu bahan yang ringan, tahan lama, dan memiliki sifat menyerap suara.

Bahan ini dianggap sebagai bahan daur ulang terbarukan, karena 50 persen komponennya terbuat dari udara.

Kekosongan dalam tekstur kardus inilah yang menarik perhatian tim arsitek untuk memanfaatkannya sebagai material utama.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kardus adalah salah satu bahan serbaguna yang kami temui dalam kehiduan sehari-hari, tetapi jarang digunakan dalam desain kontemporer," ujar arsitek Nuru Karim seperti dikutip dari The Better India.

Untuk memberikan kekuatan tambahan, furnitur kardus diberi tambahan lilin laminasi Mrigank Sharma Untuk memberikan kekuatan tambahan, furnitur kardus diberi tambahan lilin laminasi
Meski ringan dan lebih murah, namun pendiri kafe mengatakan bahwa pemilihan kardus sebagai material utama bukan semata karena faktor ekonomi.

Lebih lanjut, kardus dipilih karena pemilik menginginkan konsep yang berbeda serta ceria.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X