Meleset dari Target, Akses Air Bersih Baru 72 Persen

Kompas.com - 01/03/2019, 16:57 WIB
Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Danis Sumadilaga saat membuka Jambore Indonesia Bersih dan Bebas Sampah di Lapangan Rampal, Kota Malang, Kamis (13/9/2018) KOMPAS.com / ANDI HARTIKDirektur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Danis Sumadilaga saat membuka Jambore Indonesia Bersih dan Bebas Sampah di Lapangan Rampal, Kota Malang, Kamis (13/9/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga mengungkapkan, akses air bersih seluruh masyarakat Indonesia baru mencapai 72 persen hingga akhir 2018 lalu.

“Sampai 2018 akses kita sekitar 72 persen. Kalau tahun 2019 diperkirakan akses air bersih baru 77 persen, jadi masih 23 persen menuju 100 persen,” ujar Danis di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (1/3/2019). 

Ini artinya pencapaian tersebut masih jauh dari target yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, bahwa seluruh masyarakat Indonesia harus memiliki akses terhadap air bersih.

Baca juga: Kementerian PUPR Fokus Sediakan Air Bersih dan Sanitasi di Palu

Danis menambahkan, pemerintah melalui Kementerian PUPR terus berusaha mencapai target tersebut agar bisa terpenuhi, salah satunya melalui Gerakan 100-0-100.

Target dari gerakan ini yaitu 100 persen akses air minum, 0 persen kawasan kumuh, dan 100 persen akses sanitasi.

Diharapkan, program tersebut bisa memberikan perubahan positif dan berkelanjutan bagi masyarakat perkotaan di seluruh Indonesia.

“Untuk akses air bersih itu kami punya Gerakan 100-0-100 supaya setiap anggota masyarakat punya akses air bersih, tidak ada kawasan kumuh, dan punya akses sanitasi,” ucapnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X