Harga Tanah Terkini, Tangsel Paling Mahal

Kompas.com - 27/02/2019, 07:00 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Lahan merupakan komponen utama dalam pembangunan perkotaan, dan pengembangan wilayah.

Harganya terus melaju seiring masifnya pembangunan fisik yang dilakukan pemerintah maupun swasta. 

Lonjakannya makin signifikan seiring percepatan proyek infrastruktur konektivitas yang digeber dalam empat tahun terakhir. 

Menurut Managing Director Lamudi Indonesia Mart Polman, pembangunan proyek infrastruktur konektivitas macam Light Rail Transit (LRT), jalan tol, dan Mass Rapid Transit (MRT), mengatrol pertumbuhan harga lahan sekitar 40 persen.

Baca juga: Cari Tanah Murah di Jakarta? Cek di Sini...

Di luar Jakarta yang sudah menembus angka rata-rata hampir Rp 4 juta per meter persegi untuk lahan termurah, Lamudi mencatat wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi juga menunjukkan kenaikan.

"Paling mahal ada di wilayah Tangerang Selatan dengan harga rata-rata Rp 6,47 juta per meter persegi," kata Mart kepada Kompas.com, Selasa (26/2/2019).

Disusul oleh Depok dengan angka rata-rata Rp 2,652 juta per meter persegi. Kemudian lahan di Tangerang yang dilaporkan menunjukkan harga rata-rata Rp 1,84 juta per meter persegi.

Selanjutnya Bekasi dengan harga rata-rata Rp 1,49 juta per meter persegi. Dan paling buncit Bogor seharga rata-rata Rp 1,39 juta per meter persegi.

Adapun harga lahan termurah di Jakarta, berdasarkan riset Lamudi Indonesia, terdapat di wilayah Pulogebang, Jakarta Timur.

Kelurahan yang dipadati populasi hingga 67.000 jiwa tersebut menawarkan tanah dengan harga rata-rata Rp 3,95 juta per meter persegi.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X