Prabowo Akui Kuasai 340.000 Hektar Lahan di Kaltim dan Aceh Tengah

Kompas.com - 17/02/2019, 22:34 WIB
Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan pendapatnya saat debat capres 2019 putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Debat kedua yang hanya diikuti capres yakni capres nomor urut 01 Joko Widodo dan capres 02 Prabowo Subianto tanpa wapresnya itu mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAYCapres nomor urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan pendapatnya saat debat capres 2019 putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Debat kedua yang hanya diikuti capres yakni capres nomor urut 01 Joko Widodo dan capres 02 Prabowo Subianto tanpa wapresnya itu mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penantang petahana Prabowo Subianto mengakui penguasaan lahan seluas ratusan ribu hektar, masing-masing 220.000 hektar di Kalimantan Timur, dan 120.000 hektar di Aceh Tengah.

Namun, Prabowo menegaskan, status lahan tersebut merupakan hak guna usaha (HGU).

"Saya juga minta izin tadi disinggung tentang tanah yang katanya kita kuasai di berbagai tempat. Itu benar," kata Prabowo saat menyampaikan kalimat pamungkas pada debat Pilpres kedua di Hotel Sultan, Jakarta (17/2/2019) malam.

Baca juga: Jokowi Singgung Prabowo Kuasai Lahan Seluas 340.000 Hektar

Dengan status HGU, Prabowo mengatakan, lahan tersebut merupakan lahan milik negara. Denga begitu, bila sewaktu-waktu negara ingin mengambil, Prabowo akan merelakannya.

"Dan kalau untuk negara saya rela kembalikan itu semua. Tapi dari pada jatuh ke orang asing, lebih baik saya yang kelola," kata Prabowo.

Sebelumnya, capres petahan Joko Widodo (Jokowi) menyinggung kepemilikan lahan milik calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto di Kalimantan Timur (Kaltim), dan Aceh Tengah.

"Pak Prabowo memiliki lahan sangat luas di Kalimantan Timur, sebesar 220.000 hektar. Juga di Aceh Tengah 120.000 hektar," ungkap Jokowi.

"Saya hanya ingin menyampaikan bahwa pembagian seperti ini tidak dilakukan pas pemerintahan saya," pungkas Jokowi.

Baca juga: Debat Infrastruktur, Kunci Kemenangan Capres 2019?

Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X