Danai 68.000 Rumah Subsidi, SMF Siapkan Rp 2,2 Triliun

Kompas.com - 21/01/2019, 17:38 WIB
Ilustrasi. shutterstockIlustrasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF telah menyiapkan dana sekitar Rp 2,2 triliun untuk membiayai sebanyak 68.000 unit rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) melalui fasilitas KPR FLPP tahun 2019 ini.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengungkapkan hal tersebut dalam temua media di Jakarta, Senin (21/1/2019).

"Ini dukungan kami dalam penyediaan dana jangka menengah panjang terhadap Program Nasional Sejuta Rumah terutama bagi MBR," tutur Ananta.

Ananta menjelaskan, merujuk peran sebagai fiscal tools dalam mengurangi beban fiskal Pemerintah, SMF akan membiayai 25 persen porsi pendanaan KPR FLPP. 

Sementara Pemerintah hanya menyediakan 75 persen dari total pendanaan FLPP yang semula sebesar 90 persen. Ada pun total dana KPR FLPP yang dialokasikan Pemerintah untuk tahun ini senilai Rp 7,1 triliun.

Baca juga: SMF Biayai 305 Homestay di Empat Destinasi Wisata Prioritas

Ananta menyatakan optimismenya, pembiayaan yang disalurkan SMF dapat membantu pemerintah memperkecil backlog  hunian secara signifikan.

Untuk diketahui, backlog  hunian saat ini masih berada pada angka 7,6 juta unit pada 2015 dan diharapkan turun menjadi 5,4 juta unit pada tahun 2019.

Wujud komitmen SMF ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Operasional (PKO) dengan 14 bank penyalur KPR FLPP pada Kamis 17 Januari 2019 lalu.

Ke-14 bank tersebut adalah Bank BTN, Bank Papua, Bank Kalbar, Bank Artha Graha, Bank Sultra, Bank NTT, Bank Jatim, Bank BJB, Bank Sulselbar, Unit Usaha Syariah (UUS) Bank Kalsel, UUS Bank BTN, UUS Bank BJB, UUS Bank Jatim, dan UUS Bank Sumut.

Penandatanganan ini merupakan kerja sama lanjutan setelah PKO sebelumnya yang diteken bersama, Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), SMF dan Bank Pelaksana, pada 14 Agustus 2018.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X