Kompas.com - 09/01/2019, 23:01 WIB
Wali Kota Manado Vicky Lumentut, Ketua Komnas HAM, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat Kongres Nasional Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Kamis (16/3/2017). KOMPAS.com/Kristian ErdiantoWali Kota Manado Vicky Lumentut, Ketua Komnas HAM, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat Kongres Nasional Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Kamis (16/3/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski baru diinisiasi pada akhir 2016, prestasi Manado dalam mengembangkan kota cerdas yang dimulai dengan pembangunan Cerdas Command Center (C3) patut dibanggakan.

Sebab, dalam kurun waktu dua tahun, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara ini telah menyabet puluhan penghargaan baik dari dalam maupun luar negeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Manado dapat 21 penghargaan baik secara nasional di provinsi dan ada satu yang membanggakan yaitu secara internasional," kata Wali Kota Manado Vicky Lumentut di Ruang Maoke Gedung Unit II Kompas Gramedia, Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Baca juga: Ada Risma hingga Ahok di Balik Manado Command Center

Penghargaan internasional yang dimaksud adalah untuk program Manado Siaga 112 yang menjadi salah satu aplikasi pada C3 Manado.

Lewat aplikasi ini masyarakat dapat melaporkan segala kondisi kedaruratan yang dialami untuk kemudian mendapat bantuan yang tepat.

"Kami buka layanan ini 24 jam. Jadi Cerdas Command Center ini kami siapkan tiga shift," tambah Vicky.

Setelah berhasil memenangkan penghargaan tingkat Indonesia pada April 2018, Manado kemudian menjadi perwakilan Indonesia di tingkat Asia Pasifik yang diselenggarakan di Makau pada Juli 2018.

Baca juga: Kota Cerdas Bukan Hanya Berbasis Teknologi, Juga Kecerdasan Warganya

"Puji Tuhan, kami jadi yang terbaik se-kawasan Asia Pasifik," cetus Vicky.

Selanjutnya, Manado kembali mengikuti seleksi yang diselenggarakan di Praha, Republik Ceko pada November 2018. Kali ini, Manado menjadi perwakilan kota untuk tingkat Asia Pasifik.

"Dan hasilnya tahun 2018 layanan 112 Kota Manado menjadi yang terbaik secara internasional dari 16 negara yang dikompetisikan di sana," kisah Vicky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.