Kompas.com - 09/01/2019, 22:30 WIB
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok berbicara kepada tim pengacaranya, setelah dijatuhkannya vonis hukuman penjara dua tahun oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (9/5/2017). 
Associated PressGubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok berbicara kepada tim pengacaranya, setelah dijatuhkannya vonis hukuman penjara dua tahun oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (9/5/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Kota Manado sebagai kota cerdas memang baru diinisiasi pada November 2016.

Namun siapa sangka, kolaborasi Manado dengan kota-kota lain justru membawa kota berpenduduk 527.000 jiwa ini pada peringkat tertinggi Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) 2018 kategori kota sedang versi Litbang Kompas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wali Kota Manado Vicky Lumentut menuturkan, sebelum meluncurkan Cerdas Command Center (C3) Manado pada Februari 2017, pihaknya sempat 'berguru' kepada kota-kota lain yang telah menerapkan sistem kota cerdas, seperti Surabaya, Tangerang Selatan, Bandung, hingga Jakarta.

Baca juga: Lagi, Surabaya Juara Kota Cerdas versi Kompas

"Saya sangat terinspirasi oleh kawan-kawan saya ini. Ini adalah tempat pembelajaran bagi Kota Manado," kata Vicky di Ruang Maoke Gedung Unit II Kompas Gramedia, Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Selama proses tersebut, Manado kemudian mendapat bantuan untuk mengembangkan C3 Manado.

Misalnya, aplikasi save community dari Pemkot Surabaya, CCTV dari Pemkot Bandung semasa masih dijabat Ridwan Kamil, hingga aplikasi Qlue dari Jakarta saat masih dipimpin Gubernur Basuki Tjahja Purnama alias Ahok.

"Itu semua masuk ke Cerdas Command Center Kota Manado," kata dia.

Baca juga: Kota Cerdas Bukan Hanya Berbasis Teknologi, Juga Kecerdasan Warganya

C3 Manado sendiri memiliki lima fungsi yaitu sebagai pusat pengolahan data, supporting data untuk pimpinan dalam pengambilan keputusan serta monitoring dan evaluasi.

Fungsi berikutnya yaitu untuk pelayanan publik dan media promosi.

Di dalamnya, terdapat sembilan aplikasi yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk memudahkan aktivitas mereka sehari-hari.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.