Kompas.com - 31/12/2018, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah proyek infrastruktur diselesaikan pemerintah pada tahun ini. Terutama, proyek-proyek yang berkaitan dengan kegiatan penunjang konektivitas masyarakat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam setiap kesempatan menyatakan, dengan konektivitas yang kian lancar, perekonomian masyarakat akan makin tumbuh.

Selain itu, pembangunan infrastruktur juga diklaim dapat menekan biaya angkut kendaraan logistik, sehingga barang kebutuhan pokok dapat semakin murah.

"Kehadiran infrastruktur jembatan, flyover, dan underpass di samping memperlancar arus lalu lintas juga perlu dibuat indah dengan memasukan elemen budaya lokal sehingga bisa menjadi kebanggaan masyarakat dan menambah estetika kota," kata Basuki.

Diantara proyek konektivitas yang digarap pemerintah, beberapa ada yang menjadi ikon kawasan.

Kompas.com mencatat, setidaknya ada tiga proyek jembatan yang layak menjadi tengara baru sebuah kawasan.

Berikut catatannya:

Jembatan HoltekampKementerian PUPR Jembatan Holtekamp

1. Jembatan Holtekamp

Jembatan yang menghubungkan Hamadi dan Holtekamp di Distrik Muara Tami, Jayapura ini dibangun dengan anggaran mencapai Rp 1,7 triliun. Jembatan sepanjang 732 meter ini merupakan ikon baru Kota Jayapura.

Panjang center span atau bentang utama dari jembatan ini mencapai 400 meter dengan struktur pelengkung berwarna merah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.