Kaleidoskop 2018: Legalisasi dan Bagi-bagi Sertifikat Tanah

Kompas.com - 30/12/2018, 14:00 WIB
Ilustrasi Sertifikat Tanah KOMPAS.com/SRI LESTARIIlustrasi Sertifikat Tanah

KOMPAS.com - Sertifikasi tanah merupakan salah satu upaya pemerintah dalam membantu masyarakat untuk terhindar dari konflik kepemilikan lahan serta memberikan kepastian hukum atas kepemilikan aset.

Secara keseluruhan, tanah yang tercatat di BPN seluas 126 juta bidang. Dari total itu, yang sudah dilegalisasi hingga akhir Oktober 2018 seluas 57.192.875 bidang.

Ini artinya, masih ada 68 juta bidang lagi yang harus disertifikasi. Pemerintah pun menargetkan semua bidang tanah di seluruh Indonesia akan tersertifikasi paling lambat pada 2025 mendatang.

Salah satu cara untuk memenuhi target itu melalui pelaksanaan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL).

Baca juga: BPN Targetkan 7 Juta Sertifikat Tanah Terpenuhi Akhir 2018

Program ini mulai dilaksanakan pada tahun 2017, dengan target khusus setiap tahunnya.

Untuk tahun 2018 ini, target PTSL di seluruh Indonesia menjadi seluas 7 juta bidang tanah. 

Menteri Agraria dan Tata Ruang dan Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil menuturkan, tahun ini tanah yang sudah bersertifikat hingga Oktober seluas 6.192.875 bidang dari target total 7 juta bidang.

Sedangkan, hingga November, realisasi pemberian sertifikat tanah sudah mencapai 5,3 juta sertifikat, beberapa di antaranya antara lain:

Jawa

Di Jakarta, Presiden Joko Widodo membagikan 10.000 sertifikat tanah bagi warga Jakarta di Kawasan Berikat Nusantara, Marunda, Jakarta Utara, pada bulan Oktober.

Selanjutnya, sebanyak 4.828 pemilik bidang di Jakarta Selatan juga menerima sertifikat tanah lewat program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL).

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X