Kompas.com - 26/12/2018, 12:15 WIB
Proyek Bendungan Ciawi Kompas.com/DANI PRABOWOProyek Bendungan Ciawi

CIAWI, KOMPAS.com - Pemerintah tengah membangun Bendungan Ciawi dan Cimahi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Bendungan tipe dry dam ini diyakini akan membantu mengurangi banjir yang kerap terjadi di wilayah Jakarta selama musim hujan.

Sebenarnya, rencana pembangunan bendungan ini sudah dicetuskan sejak periode 2004-2005 lalu.

Baca juga: Presiden Jokowi Tinjau Bendungan Sukamahi

Namun, realisasi pembangunannya baru bisa dilaksanakan pada Oktober 2017, setelah pada ditandatangani kontrak pembangunannya setahun sebelumnya.

Proyek Bendungan CiawiKompas.com/DANI PRABOWO Proyek Bendungan Ciawi

Saat Kompas.com menyambangi lokasi pada Rabu (26/12/2018), sejumlah pekerja konatruksi tengah menggunakan alat berat untuk beberapa pekerjaan seperti pengerukan hingga pemecahan batu.

"Tadi disampaikan, untuk perkembangan konstruksi Sukamahi 15 persen, Ciawi sudah 9 persen. Pembebasan lahan sudah 50 persen dan Insya Allah di bulan Januari sisanya bisa diselesaikan tinggal pembayaran. Saya kira progresnya baik," kata Presiden Joko Widodo di lokasi.

Proyek Bendungan CiawiKompas.com/DANI PRABOWO Proyek Bendungan Ciawi

Bendungan Sukamahi dibangun di atas lahan seluas 46,69 hektar dengan kontrak senilai Rp 436,97 miliar.

Bendungan yang dibangun PT Wijaya Karya-Basuki KSO ini terbentang di empat desa yaitu Desa Gadog, Desa Sukamahi, Desa Sukakarya dan Desa Sukamaju.

Berdasarkan data per 26 Desember 2018, jumlah lahan yang telah dibayar baru untuk 341 bidang atau seluas 18,06 hektar. Sementara, lahan yang belum dibayar mencapai 304 bidang atau 28,63 hektar.

Adapun lahan yang masih dalam proses musyawarah sebanyak 205 bidang atau sekitar 18,6 hektar.

Presiden Joko Widodo meninjau proyek Bendungan Sukamahi dan Ciawi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/12/2018) pagi. Kompas.com/DANI PRABOWO Presiden Joko Widodo meninjau proyek Bendungan Sukamahi dan Ciawi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/12/2018) pagi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.