Inovasi Baru, Tirai yang Bisa Membersihkan Udara

Kompas.com - 18/12/2018, 16:30 WIB
Penggunaan tirai mampu mengoptimalkan proses ini dibanding dengan menanam sejumlah pohon di lingkungan gedungtirai ganggang Penggunaan tirai mampu mengoptimalkan proses ini dibanding dengan menanam sejumlah pohon di lingkungan gedung

KOMPAS.com - Studio arsitek yang berbasis di London, EcoLogicStudio, menggunakan ganggang sebagai tirai yang bertujuan untuk mengurangi polusi udara di sekitar lingkungan gedung.

Selain itu, ganggang yang digunakan juga merupakan jenis yang dapat mengeluarkan cahaya saat malam hari atau bioluminescent.

Baca juga: Studio China Ciptakan Perabot dari Limbah Keramik

Tirai yang dianamakan Photo.Synth.Etica itu terbuat dari 16 modul bioplastik. Setiap modul dirancang sepanjang dua hingga tujuh meter. Dalam setiap modul tirai terdapat cairan hijau yang berisi ganggang.

Ganggang ini akan mampu menyerap molekul karbon dioksida dan menyimpannya di dalam tirai. Selain itu, ganggang juga mampu mengeluarkan oksigen ke udara sekitar.

Ganggang ini akan mampu menyerap molekul karbon dioksida dan menyimpannya di dalam tiraiEcoLogicStudio Ganggang ini akan mampu menyerap molekul karbon dioksida dan menyimpannya di dalam tirai
Penggunaan tirai mampu mengoptimalkan proses ini dibanding dengan menanam sejumlah pohon di lingkungan gedung.

Bahkan tirai yang dipasang di gedung ini dapat menangkap satu kilogram karbon dioksida per harinya yang sepadan dengan 20 pohon besar.

Udara yang belum terfiltrasi masuk ke dalam tirai melalui bagian bawah dan disebarkan lewat pembuluh atau celah di antara tirai. Di antara celah-celah tersbeut terdapat cairan yang berisi ganggang.

Ketika udara mlewat melalui celah itu, ganggang yang terdapat di dalam tirai akan langsung bekerja membersihkan udara melalui proses fotosintesis.

Setelah udara melalui tersaring, maka akan dilepaskan melalui bagian atas tirai.

Udara yang belum terfiltrasi masuk ke dalam tirai melalui bagian bawah dan disebarkan lewat pembuluh atau celah di antara tiraiEcoLogicStudio Udara yang belum terfiltrasi masuk ke dalam tirai melalui bagian bawah dan disebarkan lewat pembuluh atau celah di antara tirai
Desain tirai tersebut meniru grafik perdagangan. Menurut arsitek dari EcoLogicStudio, desain tersebut dibuat karean tirai ini merupakan hasil kolaborasi Climate-KIC.

Lembaga ini merupakan badan yang memerangi perubahan iklim dari European Union.

Purwarupa tirai ini telah dipasang di gedung Printworks di Dublin Castle selama acara Climate Innovation Summit 2018. Instalasi ini menutup dua lantai gedung dan dua fasad utama bangunan ini.

 



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X