Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Inovasi Baru, Tirai yang Bisa Membersihkan Udara

Selain itu, ganggang yang digunakan juga merupakan jenis yang dapat mengeluarkan cahaya saat malam hari atau bioluminescent.

Tirai yang dianamakan Photo.Synth.Etica itu terbuat dari 16 modul bioplastik. Setiap modul dirancang sepanjang dua hingga tujuh meter. Dalam setiap modul tirai terdapat cairan hijau yang berisi ganggang.

Ganggang ini akan mampu menyerap molekul karbon dioksida dan menyimpannya di dalam tirai. Selain itu, ganggang juga mampu mengeluarkan oksigen ke udara sekitar.

Bahkan tirai yang dipasang di gedung ini dapat menangkap satu kilogram karbon dioksida per harinya yang sepadan dengan 20 pohon besar.

Udara yang belum terfiltrasi masuk ke dalam tirai melalui bagian bawah dan disebarkan lewat pembuluh atau celah di antara tirai. Di antara celah-celah tersbeut terdapat cairan yang berisi ganggang.

Ketika udara mlewat melalui celah itu, ganggang yang terdapat di dalam tirai akan langsung bekerja membersihkan udara melalui proses fotosintesis.

Setelah udara melalui tersaring, maka akan dilepaskan melalui bagian atas tirai.

Lembaga ini merupakan badan yang memerangi perubahan iklim dari European Union.

Purwarupa tirai ini telah dipasang di gedung Printworks di Dublin Castle selama acara Climate Innovation Summit 2018. Instalasi ini menutup dua lantai gedung dan dua fasad utama bangunan ini.

https://properti.kompas.com/read/2018/12/18/163000721/inovasi-baru-tirai-yang-bisa-membersihkan-udara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke