Tak Semua Infrastruktur di Jabar Selatan Dibuat Bebas Hambatan

Kompas.com - 03/12/2018, 16:36 WIB
Sejauh ini konstruksi jalur tol utama sepanjang 15,3 kilometer itu sudah rampung. Saat ini penyelesaian marka jalan dan penunjang lainnya masih tersisa sedikit.
Dok PT Suryamas DutamakmurSejauh ini konstruksi jalur tol utama sepanjang 15,3 kilometer itu sudah rampung. Saat ini penyelesaian marka jalan dan penunjang lainnya masih tersisa sedikit.

BANDUNG, KOMPAS.com - Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 1 sepanjang 15,3 kilometer dari Ciawi sampai Cigombong mulai beroperasi pada Sabtu (1/12/2018) setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Keberadaan tol ini diharapkan mendukung pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat (Jabar) bagian selatan yang selama ini dinilai lebih tertinggal daripada utara. 

"Pembangunan tol di Jawa Barat bagian selatan diharapkan menjadi penyeimbang lalu lintas di bagian utara. Akan dilakukan secara selektif dan bertahap sesuai kebutuhan," ujar Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto di Gedung Sate, Bandung, Senin (3/12/2018).

Baca juga: Siapa Pun Presidennya, Proyek Strategis Nasional Jalan Terus

Menurut dia, saat ini tidak harus semuanya dibangun jalan tol. Untuk sebagian daerah yang belum membutuhkan tol akan terhubung dengan jalan arteri, apalagi ada jalan arteri nasional empat lajur.

Salah satu ruas tol yang akan dibangun yaitu Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas). Rencananya, tol itu terbentang sepanjang 184 kilometer dan saat ini dalam tahap studi kelayakan.

“Dalam proses penetapan trase jalan tol yang paling efisien dari beberapa pilihan, misalnya apakah menembus bukit atau memutari gunung. Juga akan terkait dengan besaran investasi agar tidak terlalu mahal nantinya,” ucap Sugiyartanto.

Pentingnya kehadiran jalan tol di Jawa Barat bagian selatan juga terkait dengan pengembangan daerah di sekitarnya.

Hal ini karena populasi penduduk yang semakin banyak dan pemanfaatan potensi sumber daya alam, misalnya pertanian dan pariwisata.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X