Kompas.com - 03/12/2018, 14:12 WIB
Foto udara kendaraan pemudik melintas di ruas Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah, Senin (11/6/2018). Jalan tol tersebut merupakan tol fungsional yang dibuka selama 24 jam hingga H+7 Lebaran. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGFoto udara kendaraan pemudik melintas di ruas Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah, Senin (11/6/2018). Jalan tol tersebut merupakan tol fungsional yang dibuka selama 24 jam hingga H+7 Lebaran.

BANDUNG, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bertekad terus melanjutkan pembangunan infrastruktur tanpa memandang siapa pun presiden dan pemerintahannya.

Infrastruktur yang masuk Proyek Strategis Nasional (PSN) menyangkut berbagai bidang, misalnya sumber daya air, jalan, jembatan, dan perumahan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan hal tersebut dalam peringatan Hari Bakti ke-73 PU di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Bandung, Senin (3/12/2018).

Baca juga: 4 Jalan Tol Baru Dibuka Desember, Trans-Jawa Pun Sempurna Tersambung

Dia memberi contoh pembangunan 49 bendungan besar di Indonesia yang terus dilaksanakan secara bertahap sampai tahun 2022.

"Soal PSN di lingkup PUPR insya Allah jalan terus. Contohnya bendungan akan selesai 2018 ini ada 8, nanti 2019 ada 9, jadi semuanya 17. Yang lain nanti baru selesai pada 2020 dan terakhir 2022," kata Basuki.

Demikian halnya dengan konstruksi jalan tol, Basuki menyatakan hasil yang dicapai melebihi target yang ditentukan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

"Tol saya kira kita semua tahu melebihi yang ditargetkan RPJMN. Targetnya 1.000 kilometer, kita akan mencapai 1.852 kilometer," imbuhnya.

Basuki melanjutkan, meskipun ada masalah dan tantangan dalam pengerjaan berbagai PSN itu, Kementerian PUPR akan berusaha dan bekerja keras untuk memenuhi target.

"Kami akan kerja keras untuk itu, tapi tidak ada yang cancel atau ditunda untuk PSN di lingkup PUPR. Itu harus berlanjut. Kalau enggak, jadi mubazir karena tidak bermanfaat," tegas Basuki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.