Kompas.com - 28/11/2018, 12:00 WIB
Jalan Tol Solo-Ngawi. PT Jasa Marga (Persero) TbkJalan Tol Solo-Ngawi.

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan ruas Tol Sragen-Ngawi yang menjadi bagian dari Jalan Tol Solo-Ngawi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peresmiannya dilakukan pada Rabu (28/11/2018) pagi di Rest Area Km 538 Jalan Tol Solo-Ngawi, Ngrampal, Sragen, Jawa Tengah.

Jalan Tol Solo-Ngawi merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang sudah selesai dikerjakan pada tahun ini.

Baca juga: Dengan Basmalah, Jokowi Resmikan Ruas Tol Sragen-Ngawi

Menurut Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2018 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional, ada 227 proyek yang masuk daftar PSN.

PSN tersebut mencakup jalan tol, jalan non-tol, prasarana dan sarana kereta api, bandar udara, pelabuhan, perumahan, kilang minyak, pipa gas, penyediaan air minum, tanggul penahan banjir, bendungan dan jaringan irigasi, serta berbagai proyek lain.

Sebelumnya, ada 20 proyek yang sudah selesai dikerjakan pada 2016. Kemudian, pada 2017, sebanyak 10 proyek rampung.

"Pemerintah sudah menyelesaikan 30 PSN selama periode 2016-2017 senilai Rp 94,8 triliun," ujar Presiden Joko Widodo, seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (23/5/2018).

PSN yang sudah selesai tersebut antara lain berupa jalan tol, bandar udara, bendungan, dan saluran irigasi.

Untuk diketahui, Jalan Tol Solo-Ngawi terbentang sepanjang 90,43 kilometer dan merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Jawa.

Baca juga: 7 Fakta Tol Solo-Ngawi yang Diresmikan Jokowi

Tol ini berfungsi sebagai penyambung dari barat, yaitu Tol Semarang-Solo sepanjang 72,6 kilometer, dan ke arah timur yakni Tol Ngawi-Kertosono sepanjang 87 kilometer.

Pengoperasian Jalan Tol Solo-Ngawi diharapkan bisa mempersingkat waktu tempuh perjalanan sampai 50 persen dan meningkatkan konektivitas daerah di sekitarnya, yaitu Kabupaten Boyolali, Kota Surakarta, Kabupaten Karanganyar, dan Kabupaten Sragen di Jawa Tengah; serta Kabupaten Ngawi di Jawa Timur. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.