Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Sragen-Ngawi Dibuka, Satu Lagi Proyek Strategis Nasional Rampung

Kompas.com - 28/11/2018, 12:00 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan ruas Tol Sragen-Ngawi yang menjadi bagian dari Jalan Tol Solo-Ngawi.

Peresmiannya dilakukan pada Rabu (28/11/2018) pagi di Rest Area Km 538 Jalan Tol Solo-Ngawi, Ngrampal, Sragen, Jawa Tengah.

Jalan Tol Solo-Ngawi merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang sudah selesai dikerjakan pada tahun ini.

Baca juga: Dengan Basmalah, Jokowi Resmikan Ruas Tol Sragen-Ngawi

Menurut Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2018 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional, ada 227 proyek yang masuk daftar PSN.

PSN tersebut mencakup jalan tol, jalan non-tol, prasarana dan sarana kereta api, bandar udara, pelabuhan, perumahan, kilang minyak, pipa gas, penyediaan air minum, tanggul penahan banjir, bendungan dan jaringan irigasi, serta berbagai proyek lain.

Sebelumnya, ada 20 proyek yang sudah selesai dikerjakan pada 2016. Kemudian, pada 2017, sebanyak 10 proyek rampung.

"Pemerintah sudah menyelesaikan 30 PSN selama periode 2016-2017 senilai Rp 94,8 triliun," ujar Presiden Joko Widodo, seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (23/5/2018).

PSN yang sudah selesai tersebut antara lain berupa jalan tol, bandar udara, bendungan, dan saluran irigasi.

Untuk diketahui, Jalan Tol Solo-Ngawi terbentang sepanjang 90,43 kilometer dan merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Jawa.

Baca juga: 7 Fakta Tol Solo-Ngawi yang Diresmikan Jokowi

Tol ini berfungsi sebagai penyambung dari barat, yaitu Tol Semarang-Solo sepanjang 72,6 kilometer, dan ke arah timur yakni Tol Ngawi-Kertosono sepanjang 87 kilometer.

Pengoperasian Jalan Tol Solo-Ngawi diharapkan bisa mempersingkat waktu tempuh perjalanan sampai 50 persen dan meningkatkan konektivitas daerah di sekitarnya, yaitu Kabupaten Boyolali, Kota Surakarta, Kabupaten Karanganyar, dan Kabupaten Sragen di Jawa Tengah; serta Kabupaten Ngawi di Jawa Timur. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com