Lewat Trans-Papua, Merauke-Boven Digoel Kini Cuma 8 Jam - Kompas.com

Lewat Trans-Papua, Merauke-Boven Digoel Kini Cuma 8 Jam

Kompas.com - 17/11/2018, 18:14 WIB
Presiden Joko Widodo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mengecek kondisi Jalan Trans Papua KM 84 ruas Jalan Merauke-Sota di Kabupaten Merauke, Jumat (17/11/2018).Biro Pers Setpres / Laily Rachev Presiden Joko Widodo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mengecek kondisi Jalan Trans Papua KM 84 ruas Jalan Merauke-Sota di Kabupaten Merauke, Jumat (17/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com — Selama ini, jalan berlumpur menjadi pemandangan sehari-hari Trans-Papua. Salah satunya ruas Merauke-Boven Digoel sepanjang 422 kilometer.

Untuk merampungkan perjalanan, tak jarang masyarakat membutuhkan waktu berminggu-minggu. Tidak heran bila mereka akhirnya terpaksa menginap di tengah jalan.

Namun, sejak ruas tersebut diperbaiki dan dibangun, kini Merauke-Boven Digoel dapat ditempuh hanya dalam waktu 8 jam.

Baca juga: Dapat Info Masih Ada Jalan Berlumpur, Presiden Cek Trans Papua

"Sekarang jalannya sudah selesai, tapi ini juga baru saja selesai. Baru saja. Markanya juga belum ada juga," kata Presiden Joko Widodo saat meninjau kilometer 84 ruas Merauke–Sota, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (17/11/2018).

Presiden berharap, kehadiran Trans-Papua dapat memberikan kontribusi besar kepada masyarakat. Terutama dalam hal mobilisasi jasa, serta memperlancar jalur distribusi logistik.

"Dan akhirnya menurunkan biaya-biaya logistik. Saya kira arahnya ke sana," kata Presiden.

Baca juga: 631,3 Kilometer Jalan Trans-Papua Barat Sudah Beraspal



Close Ads X