Jembatan Suramadu, Tol Jembatan Kedua Bebas Tarif

Kompas.com - 27/10/2018, 13:30 WIB
Sejumlah kendaraan melintas di Jembatan Suramadu sisi Madura, beberapa waktu lalu. KOMPAS.com/GHINAN SALMANSejumlah kendaraan melintas di Jembatan Suramadu sisi Madura, beberapa waktu lalu.

SURABAYA, KOMPAS.com - Tol Jembatan Suramadu yang akan dibuka secara gratis mulai, Sabtu (27/10/2018), bukanlah satu-satunya tol jembatan bebas tarif.

Sebelumnya, pemerintah pernah menerapkan kebijakan pembebasan tarif untuk tol jembatan lainnya yaitu Jembatan Rajamandala.

"Ini yang kedua. Jembatan Rajamandala itu yang menghubungkan dari Kabupaten Cianjur ke Kabupaten Bandung Barat," kata Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja kepada Kompas.com.

Baca juga: 5 Fakta Seputar Tol Suramadu

Jembatan Rajamandala memiliki panjang sekitar 220 meter dan lebar 9 meter. Jembatan ini dibangun pada 1972 dan baru selesai tujuh tahun kemudian.

Pada awal pengoperasiannya, masyarakat yang hendak melintasi dikenakan tarif. Namun, sekitar tahun 1990-an, pemerintah memutuskan untuk membebaskan tarif jembatan ini.

Kini, pemerintah mengambil langkah serupa untuk Jembatan Suramadu. Jembatan yang dibangun pada 2003 lalu itu akan dibuka secara gratis bagi masyarakat yang melintasinya.

Baca juga: Hari Ini, Presiden Bakal Gratiskan Tol Suramadu

Endra menuturkan, salah satu alasan pembebasan tarif ini yakni untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi dan infrastruktur di wilayah Madura.

"Bukan belum berkembang. Kan ada permintaan dari masyarakat Madura untuk ini bisa di non-tol kan," kata dia.

"Karena Presiden yang punya kebijakan, beliau setuju," sebut Endra.

Setelah dibebaskan, anggaran perawatan jembatan yang semula dikelola PT Jasa Marga (Persero) Tbk ini akan menggunakan dana APBN.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X