Hari Ini, Presiden Bakal Gratiskan Tol Suramadu

Kompas.com - 27/10/2018, 10:10 WIB
Jembatan Suramadu pada petang hari KOMPAS.com / CITRA FANY SAMPARAYAJembatan Suramadu pada petang hari

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai hari ini, Sabtu (27/10/2018), Tol Jembatan Suramadu yang menghubungkan wilayah Surabaya dan Madura akan dibuka gratis.

Informasi tersebut pertama kali diumumkan PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui akun Instagram resminya, Jumat (26/10/2018).

Pembebasan tarif ini bakal diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo sore ini.

"Tol Jembatan Suramadu menjadi satu-satunya penghubung jalur darat Surabaya dan Madura yang sebelumnya hanya tersedia di jalur laut. Besok, 27 Oktober 2018, akan dilakukan pembebasan tarif Tol Jembatan Suramadu oleh Presiden RI Joko Widodo," demikian tulis Jasa Marga.

Dengan pembebasan ini, maka biaya pemeliharaan akan ditanggung sepenuhnya oleh APBN.

"Pembebasan Tarif Tol Jembatan Suramadu ini tentunya merupakan bagian dari komitmen pemerintah dan BUMN untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat," tulis Jasa Marga.

Sebelumnya, Presiden telah mendapat masukan dari sejumlah pihak terkait mahalnya tarif Tol Suramadu.

Di antranya yaitu dari para tokoh masyarakat Madura saat bertandang ke kediaman almarhum Presiden RI keempat Abdurrahman Wahid, awal September lalu.

"Beliau-beliau memberikan masukkan mengenai keluhan mahalnya tarif Jembatan Suramadu," kata Presiden, Jumat (7/9/2018).

Jokowi melanjutkan, pada awalnya pemerintah memang menerapkan tarif sebesar Rp 30.000 bagi pengguna.

Lalu, pemerintah memangkasnya menjadi Rp 15.000. Bahkan, pengguna sepeda motor diberikan gratis.

Jokowi pun merasa meskipun harga tarif sudah terbilang murah, namun keberadaan jembatan belum mampu mengoptimalkan investasi dan perdagangan di sana.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X