Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harbook, Toko Buku yang Terinspirasi Kota Imajiner

Kompas.com - 12/10/2018, 22:33 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Dezeen

KOMPAS.com - Toko buku yang baru dibuka di Hangzhou, China memiliki tampilan yang futuristik. Setiap sudut dihias dengan bentuk geometris.

Harbook merupakan toko buku yang dibangun dengan luas 600 meter persegi di samping Danau Barat. Desainnya yang unik memang dimaksudkan untuk menarik konsumen urban muda.

Baca juga: Unik, Kuil dari Jutaan Botol Bir

Harbook didesain oleh Alberto Caiola. Selain buku, Harbook juga mengabungkan beberape elemen gaya hidup urban lainnya, seperti kafe dan ruang pameran furnitur ke dalam gedung.

"Selama berabad-abad, Danau Barat yang legendaris ini telah menginspirasi banyak penulis, filsuf, dan penyari," ujar Caiola.

"Harbook dirancang untuk melanjutkan warisan ini, serta memperluas budaya sastra kota dalam gaya Eropa, namun dengan pendekatan kontemporer yang progresif," imbuh Caiola.

Interior HarbookDirk Weiblen. Interior Harbook
Elemen batu yang ada di dalam toko merupakan cara untuk menggabungkan konsep kontemporer sekaligus tradisional.

Desainer gedung ini mengatakan, bahwa rancangan toko terinspirasi dari kota imajiner.

Berbagai bentuk geometris yang ada di dalam ruangan toko, dicat dengan warna perak. Hal ini menegaskan konsep futuristik dan imajiner seperti yang diinginkan oleh tim arsitek.

Selain warna perak, bentuk-bentuk geometris tersebut juga diwarnai dengan warna-warna cerah, seperti ungu dan merah muda.

Penggunaan warna ini sekaligus memberikan kesan ceria di dalam interior toko.

HarbookDirk Weiblen. Harbook
Buku-buku di dalam toko disusun secara unik. Tak hanya disandarkan pada rak layaknya toko buku pada umumnya, buku-buku tersebut juga diberikan tempat khusus.

Di dalam, terdapat satu buah tangga yang mengarah ke kafetaria. Uniknya, kafe ini didesain dengan warna pink, namun tetap mempertahankan unsur futuristiknya.

Desainer gedung ini mengungkapkan, kafetaria toko dirancang agar para pengunjung bisa berinteraksi sekaligus bekerja di dalam.

HarbookDirk Weiblen. Harbook
Pencahayaan di dalam ruangan menggunakan lampu LED, yang membentang di langit-langit toko. Lampu ini juga sekaligus berfungsi sebagai titik fokus dalam interior.

Selain Harbook, proyek lain yang memadukan toko buku dengan kegiatan gaya hidup urban adalah Klein Dytha Architecture. Proyek ini tersebar luas di beberapa wilayah di Thailand.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com