Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toko Buku Terbesar Dunia Resmi Beroperasi di Iran

Kompas.com - 27/08/2017, 23:30 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

TEHRAN, KompasProperti - Toko buku terbesar di dunia baru saja dibuka di Teheran, Iran.

The Book Garden adalah bangunan beratap hijau raksasa yang berukuran 154.000 kaki persegi (1,4 hektare). Toko ini memiliki rak dengan panjang total 19 kilometer dan berisi jutaan buku.

Proyek tersebut merupakan bagian dari kompleks seluas 700.000 kaki persegi (6,5 hektare) yang berisi bioskop, ruang sains, ruang kelas, ruang beribadah dan restoran.

Menurut Ketua Parlemen Ali Larijani, tujuan pembangunan Book Garden adalah untuk mendorong anak-anak Iran agar aktif dan kreatif melalui metode dan peralatan modern.

"Pembukaan Book Garden adalah acara kebudayaan besar di negara ini, sehingga anak-anak kita dapat memanfaatkan kesempatan budaya dan akademis ini dengan lebih baik," tambah Wali Kota Teheran Mohammad Baqer Qalibaf.

Book Garden, IranMehr News Agency Book Garden, Iran

Mehr News melaporkan, Book Garden pertama kali dibangun pada 2004 untuk melayani penggemar Pameran Buku Internasional tahunan kota.

Setelah konstruksi selesai pada musim semi yang lalu, panitia menghabiskan beberapa bulan terakhir untuk menebar buku-buku.

Dikutip dari RealIran, ada lebih dari 400.000 judul buku yang tersedia untuk anak-anak saja.

Salah satu pusat Book Garden bahkan memiliki rak yang lebih pendek untuk memastikan anak-anak yang lebih muda dapat mencapai sumber pendidikan.

Book Garden sekarang menjadi toko buku terbesar di dunia, menurut Guinness World Records. Sebelumnya, Barnes & Noble di Fifth Avenue di New York City memegang rekor tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com