Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Wilayah di Sulteng Paling Rawan Gempa dan Kekeringan

Kompas.com - 08/10/2018, 22:53 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah dua tahun terakhir pemerintah memberikan atensi tinggi terhadap wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng).

Sejumlah wilayah di daerah tersebut, seperti Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala, berpotensi terkena dampak besar bila sewaktu-waktu gempa bumi terjadi.

Country Manager Humanitarian OpenStreetMap (OSM) Team Indonesia Yantisa Akhadi menuturkan, pada 2016, BNPB telah bekerja sama dengan pihaknya untuk memetakan potensi bencana yang akan terjadi di Sulteng.

"Jadi ada daftar Kota Palu, itu sebenarnya sudah dibuat sejak 1-2 tahun lalu. Terus ini, Donggala, Sigi, tiga daerah ini sudah masuk daerah rawan bencana," kata Yantisa kepada Kompas.com, Senin (8/10/2018).

Baca juga: Mereka yang Berjasa Memetakan Gempa Palu dan Donggala

Pemetaan tersebut meliputi letak bangunan, fasilitas publik, serta jalan akses yang memudahkan mobilitas masyarakat sehari-hari.

Menurut Yantisa, selain ketiga wilayah tersebut, sejauh ini sudah ada 136 kabupaten/kota lain yang juga telah dipetakan kerawanannya.

Meski demikian, ia mengaku, tidak bisa diketahui sejauh apa dampak terhadap wilayah tersebut saat gempa terjadi.

"Ini di sesi kedua ini kami fokus di daerah Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Maluku Utara. Termasuk Palu dan Donggala, karena kedua wilayah ini sudah diminta oleh BNPB sebelum ada bencana," tutur Yantisa.

Warga dibantu petugas mencari korban gempa bumi Palu di Perumnas Balaroa, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/10/2018). Gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah mengakibatkan 832 orang meninggal.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Warga dibantu petugas mencari korban gempa bumi Palu di Perumnas Balaroa, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/10/2018). Gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah mengakibatkan 832 orang meninggal.
Yantisa menambahkan, instruksi pemetaan itu pertama kali disampaikan oleh Presiden Joko Widodo yang tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

OSM kemudian bergerak dengan membuka Task Manager di wilayah masing-masing. Hasil dari pemetaan tersebut kemudian disampaikan kepada BNPB sebagai salah satu bahan pertimbangan.

Baca juga: Sosialisasi Potensi Likuefaksi Terganjal Masalah Teknis dan Sosial

Dilansir dari laman InaRISK milik BNPB, Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Kabupaten Sigi termasuk ke dalam wilayah yang paling rawan terkena dampak gempa.

Bahkan, bila gempa bumi terjadi dapat dipastikan 100 persen dari total penduduk di ketiga wilayah tersebut akan merasakan dampaknya.

Tak hanya itu, penduduk di ketiga wilayah ini juga diketahui sangat rentan terhadap bencana kekeringan.

Namun, Yashinta menyayangkan, tingkat pemahaman penduduk atas bahaya bencana masih rendah.

Berikut keterangan lengkapnya:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com