Rencana Ahmad Djuhara Membawa IAI 3 Tahun ke Depan

Kompas.com - 23/09/2018, 15:21 WIB
Ilustrasi arsitek ShutterstockIlustrasi arsitek

JAKARTA, KOMPAS.com – Ahmad Djuhara terpilih kembali sebagai Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia ( IAI) periode 2018-2021 dalam rangkaian acara Musyawarah Nasional XV IAI tahun 2018.

Dia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memilih dan memercayakannya untuk kembali memimpin organisasi resmi para arsitek di Indonesia itu.

Djuhara pun telah menyiapkan beberapa rencana yang akan dilakukannya dalam periode kepengurusan tiga tahun ke depan.

“Terima kasih atas kepercayaannya kepada saya. Banyak hal yang harus diperbaiki. Salah satunya mengenai Undang-Undang (UU) Arsitek,” kata Djuhara ketika dikonfimasi Kompas.com, Minggu (23/9/2018).

Baca juga: Ahmad Djuhara Terpilih Kembali Ketua Umum IAI 2018-2021

Djuhara menambahkan, pelaksanaan UU Arsitek Nomor 6 Tahun 2017 merupakan salah satu dari beberapa tantangan ke depan bagi kepengurusan IAI yang baru.

Regulasi ini, ujarnya, harus diterapkan dan dijaga dengan baik agar pembagian peran antara arsitek Indonesia dan asing lebih terkontrol.

“Peraturan kami jaga untuk mengatur peran arsitek asing dan Indonesia terhadap proyek-proyek pembangunan,” ucap Djuhara.

Menurut dia, arsitek Indonesia harus menjaga etika pekerjaan sesuai dengan kode etik profesi yang dipegang.

Arsitek tidak boleh bekerja sembarangan karena diatur dengan hukum sehingga memiliki konsekuensi hukum.

Namun, implementasi UU ini juga perlu dukungan dan pengertian dari pemerintah dan masyarakat agar saling mengetahui peran masing-masing.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X