Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat "Drone" bagi Proyek Konstruksi

Kompas.com - 20/09/2018, 20:04 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Riset yang dilakukan oleh Dodge Data & Analytics dan Mckinsey & Company baru-baru ini mengidentifikasi, menjaga proyek berjalan sesuai jadwal dan menjaga biaya proyek merupakan dua hal yang sangat penting bagi para pemilik perusahaan konstruksi.

Namun, data yang sama mengungkapkan 53 persen proyek konstruksi rampung melebihi jadwal yang telah ditetapkan. Selain itu, 66 persen proyek yang sudah selesai melebihi dana yang direnanakan.

Baca juga: Drone Dilibatkan dalam Restorasi Tembok Besar China

Dengan angka sebesar itu, tidak mengherankan jika drone menjadi salah satu alat yang sering digunakan dalam proyek konstruksi.

Sebelum penggunaan drone marak, pendokumentasian perkembangan pembangunan memiliki tantangan tersendiri.

Para pekerja proyek membutuhkan pelacakan berbasis kertas, atau bahkan fotografi dengan menggunakan pesawat dan helikopter. Kedua metode ini sama-sama tidak akurat serta mahal.

Penggunaan drone mulai marak sejak empat tahun lalu. Namun pada waktu itu, perusahaan menghabiskan dana ribuan dollar AS hanya untuk mendapatkan izin menerbangkan drone.

Namun kini, biaya untuk mengoperasikan drone berkurang hingga 90 persen, membuatnya menjadi metode yang murah kantong.

Manfaat drone dalam proyek konstruksi

Ilustrasi orang sedang menggunakan drone DJI Mavic ProSHUTTER STOCK Ilustrasi orang sedang menggunakan drone DJI Mavic Pro
Memonitor perkembangan proyek

Pendokumentasian harian memungkinkan manajer proyek mengetahui apakah kontraktor mampu menyelesaikan pembangunan sesuai tenggat waktu atau tidak.

Untuk memantau perkembangan kemajuan proyek konstruksi, foto harus diambil tiap minggu. Hal ini dilakukan agar kemajuan proses konstruksi dapat langsung dipantau setiap saat.

Drone juga memugkinkan semua pekerjaan terpantau dengan baik, termasuk ketinggian dan sudut hanya dengan menekan tombol.

Selain itu, alat ini juga mampu mengontrol setiap detail pekerjaan dalam skala mikroskopis, tanpa harus berjalan mengelilingi lokasi proyek.

Memberikan gambaran visual secara jelas

Drone dapat dengan cepat menangkap citra dari lokasi proyek bahkan mampu menghasilkan peta 3 dimensi.

Teknologi ini juga memiliki kemampuan untuk terbang sangat dekat dengan obyek sehingga dapat menangkap gambar dengan resolusi tinggi, khususnya di lokasi yang sulit dijangkau.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com