Kompas.com - 20/09/2018, 20:04 WIB

KOMPAS.com - Riset yang dilakukan oleh Dodge Data & Analytics dan Mckinsey & Company baru-baru ini mengidentifikasi, menjaga proyek berjalan sesuai jadwal dan menjaga biaya proyek merupakan dua hal yang sangat penting bagi para pemilik perusahaan konstruksi.

Namun, data yang sama mengungkapkan 53 persen proyek konstruksi rampung melebihi jadwal yang telah ditetapkan. Selain itu, 66 persen proyek yang sudah selesai melebihi dana yang direnanakan.

Baca juga: Drone Dilibatkan dalam Restorasi Tembok Besar China

Dengan angka sebesar itu, tidak mengherankan jika drone menjadi salah satu alat yang sering digunakan dalam proyek konstruksi.

Sebelum penggunaan drone marak, pendokumentasian perkembangan pembangunan memiliki tantangan tersendiri.

Para pekerja proyek membutuhkan pelacakan berbasis kertas, atau bahkan fotografi dengan menggunakan pesawat dan helikopter. Kedua metode ini sama-sama tidak akurat serta mahal.

Penggunaan drone mulai marak sejak empat tahun lalu. Namun pada waktu itu, perusahaan menghabiskan dana ribuan dollar AS hanya untuk mendapatkan izin menerbangkan drone.

Namun kini, biaya untuk mengoperasikan drone berkurang hingga 90 persen, membuatnya menjadi metode yang murah kantong.

Manfaat drone dalam proyek konstruksi

Ilustrasi orang sedang menggunakan drone DJI Mavic ProSHUTTER STOCK Ilustrasi orang sedang menggunakan drone DJI Mavic Pro
Memonitor perkembangan proyek

Pendokumentasian harian memungkinkan manajer proyek mengetahui apakah kontraktor mampu menyelesaikan pembangunan sesuai tenggat waktu atau tidak.

Untuk memantau perkembangan kemajuan proyek konstruksi, foto harus diambil tiap minggu. Hal ini dilakukan agar kemajuan proses konstruksi dapat langsung dipantau setiap saat.

Halaman:



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.