Kompas.com - 06/09/2018, 09:00 WIB
Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Desi Arryani KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERADirektur Utama PT Jasa Marga (Persero) Desi Arryani

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mendanai sejumlah proyek baru, PT Jasa Marga (Persero) Tbk melepas sejumlah saham kepemilikan jalan tol. Langkah tersebut diambil guna menjaga struktur permodalan dan menjaga kinerja perseroan di tengah pembangunan proyek yang masif.

"Kami mengurangi sedikit pemilikan saham atau kepemilikan yang sifatnya mayoritas kami minimalkan, dan yang minoritas kami lepas," kata Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani di Jakarta, Kamis (6/9/2018).

Baca juga: Kolaborasi dengan Surya Semesta, Jasa Marga Prakarsai Tol Patimban

Langkah terbaru yang telah dilakukan yaitu melepas kepemilikan saham minoritas di PT Jakarta Lingkar Baratsatu (JLB) yang mengoperasikan Tol JORR 1 (Penjaringan-Kebon Jeruk).

Untuk diketahui, perseroan memiliki saham sebesar 19,05 persen di dalam ruas tol tersebut. Sisanya dipegang oleh PT Margautama Nusantara (25 persen), PT Bangun Tjipta Sarana (55,73 persen) dan PT Rekadaya Adicipta (0,22 persen).

"Untuk nilai yang kami lepas sudah kami laporkan kepada OJK, sehingga keterbukaan kami ada di OJK," ujarnya.

Selain itu, Desi menambahkan, berbagai strategi pendanaan juga dilakukan seperti melakukan pinjaman ke bank, menerbitkan project bond, global bond hingga reksa dana penyertaan pendapat (RDPT).

"Kita harus melakukan kreasi pendanaan tersebut untuk menjaga struktur keuangan Jasa Marga agar tetap sehat," tuntas Desi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.