Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Kian Melemah, Jasa Marga Pastikan Proyek Tol Jalan Terus

Kompas.com - 05/09/2018, 18:30 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendati nilai tukar rupiah terhadap dollar AS terus melemah, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memastikan, tak akan menghentikan proyek jalan tol yang sedang mereka kerjakan.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengatakan, selama ini perseroan tidak memiliki pinjaman dalam bentuk mata uang asing.

Meski Jasa Marga menerbitkan global bond atau obligasi global, namun itu dalam bentuk mata uang rupiah.

"Alhamdulillah dalam hal ini tidak ada dampaknya. Kami tidak memiliki pinjaman mata uang asing, bahkan investor asing berani investasi di Jasa Marga dengan mengambil risiko perubahan currency," kata Desi di Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Baca juga: Dapat Posisi di Pertamina, Direktur SDM Jasa Marga Diganti

Di samping itu, ia memastikan, seluruh proyek jalan tol yang dikerjakan Jasa Marga juga menggunakan komponen dalam negeri 100 persen.

"Enggak ada (proyek yang ditunda). Kenceng terus," ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah berencana menunda sejumlah proyek infrastruktur yang banyak mengandung bahan baku impor. Penundaan ini dilakukan untuk menjaga nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pemerintah sudah membuat daftar proyek infrastruktur apa saja yang kemungkinan akan ditunda pengerjaannya.

"Sudah ada list-nya, memang kita belum putuskan dari list yang ada persisnya mana yang ditunda dan tepatnya berapa lama," kata Darmin, seusai rapat membahas pelemahan rupiah yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (4/8/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com