Kompas.com - 22/08/2018, 20:09 WIB
Tentara Korea Selatan dan Korea Utara berdiri di sisi masing-masing di Desa Panmunjom. Ed Jones / Agence France-Presse-Getty ImagesTentara Korea Selatan dan Korea Utara berdiri di sisi masing-masing di Desa Panmunjom.

KOMPAS.com – Peristiwa bersejarah dalam perdamaian dunia terjadi pada Jumat (27/4/2018). Saat itu, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bertemu di Garis Demarkasi Militer antara kedua negara. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lokasi pertemuan itu berada di Desa Panmunjom, yang selama ini menjadi simbol konflik sekaligus gencatan senjata. Daerah itu juga disebut sebagai zona demiliterisasi atau demilitarized zone (DMZ).

Segala sesuatu yang ada di sana, mulai dari furnitur, bangunan, hingga pilihan makanan yang disajikan pun memiliki makna tersendiri.

Beberapa bangunan di Panmunjom dikelola oleh Korea Utara, ada pula yang diurus oleh PBB dan Korea Selatan.

Sebagai contoh, Gedung Panmungak berada di sisi Korea Utara. Ini merupakan pusat operasi Korea Utara untuk pertemuan puncak itu dan tempat bagi para juru masak yang menyiapkan makanan.

The Summit Room

South Korean Presidential Office.Handout / The New York Times South Korean Presidential Office.

Di sisi Korea Selatan, ada The Summit Room, ruang pertemuan yang juga disebut sebagai South Korean Presidential Office.

Kim Jong Un dan Moon Jae-in bertemu di ruang konferensi berlantai biru yang berada di lantai dua Gedung Perdamaian itu.

Meja di ruangan itu berbentuk oval dengan kaki menyerupai dua jembatan yang menyatu. Pemerintah Korea Selatan mengatakan, desain furnitur itu dimaksudkan untuk menjembatani jarak psikologis yang ditandai dengan Garis Demarkasi Militer dan pemisahan negara selama 65 tahun.

Setiap sisi dari meja itu terdiri dari tujuh kursi. Satu kursi tengah di masing-masing sisi disediakan untuk Kim Jong Un dan Moon Jae-in.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.