Balkrishna Doshi, Arsitek India Pemenang Pritzker 2018

Kompas.com - 22/08/2018, 15:00 WIB
Sangath Architect?s Studio karya arsitek Balkrishna Doshi. VSFSangath Architect?s Studio karya arsitek Balkrishna Doshi.

KOMPAS.com - Arsitek India Balkrishna Doshi terpilih sebagai pemenang Pritzker Architecture 2018, penghargaan yang disebut sebagai kehormatan tertinggi di bidang arsitektur.

Sebagai arsitek, perencana kota, dan akademisi selama 70 tahun, Doshi telah memberi kontribusi besar dalam desain dan arsitektur di India dan dunia internasional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Karya saya adalah wujud dari kehidupan, filosofi, dan mimpi saya yang mencoba menciptakan spirit arsitektur,” ujar Balkrishna Doshi, sebagaimana dikutip dari Designboom.com.

Dia mengatakan berutang kepada gurunya, Le Corbusier, yang mengajarkan tentang identitas diri dan membuatnya menemukan karya kontemporer baru yang diadaptasi dari budaya lokal untuk kehidupan yang berkelanjutan.

"Dengan kerendahan hati, saya berterima kasih kepada juri Pritzker atas pengakuan yang menyentuh dan bermanfaat bagi pekerjaan saya. Ini menegaskan kembali keyakinan saya bahwa kehidupan akan lebih semarak ketika gaya hidup dan arsitektur menyatu," tutur Doshi.

Balkrishna Doshi merupakan penerima hadiah Pritzker ke-45 dan menjadi orang pertama dari India.

Berikut ini delapan karya arsitektur Doshi yang membuatnya layak menerima penghargaan Pritzker:

1. Institute of Indology

Institute of Indology karya arsitek Balkrishna Doshi.VSF Institute of Indology karya arsitek Balkrishna Doshi.

Institute of Indology dibangun tahun 1962 dan dirancang untuk menyimpan naskah kuno, pusat penelitian, dan museum.

“Semua elemen yang ditemukan orang di bangunan India ada di sini. Saya telah mempelajari Jain Upashraya dan rumah bagi para biarawan sebelum saya mendesainnya,” kata Doshi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.